FOLLOW YUK !
0821-3665-3479
Artikel Trip

Panduan Snorkeling Bagi Pemula

Published on March 21, 2015 under trip Karimun jawa
Panduan Snorkeling Bagi Pemula
Bagi anda yang baru pertama kami berwisata di Perairan dengan terumbu karang, mungkin snorkeling masih terdengar asing. Apalagi yang mau  snorkeling di pulau Karimun Jawa indah ini, Berikut adalah beberapa tips untuk anda yang baru pertama kali melakukan snorkeling.
Snorkeling adalah cara tercepat dan termudah untuk menikmati perairan dengan taman laut yang indah seperti karimun jawa, bunaken, raja ampat, dll. Jika Anda bisa mengapung, Anda bisa bersnorkeling. Seperti kegiatan lainnya, namun, sedikit pengetahuan dan sedikit latihan akan membantu Anda memaksimalkan pengalaman Anda.
Peralatan Snorkeling
Pada intinya, peralatan snorkeling terdiri dari:
1.    Snorkel mask
2.    Semi-dry snorkel tube.
3.    Fins/Sirip (untuk mengubah kaki Anda ke dalam sirip yang kuat).
4.    Flotation vest/Flotasi rompi (fitur keselamatan yang besar untuk anak-anak dan perenang tentatif).
Snorkel adalah peralatan selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah. Alat ini berfungsi sebagai jalan masuk udara ketika bernapas dengan mulut tanpa harus mengangkat muka dari permukaan air. Pemandangan bawah air bisa dilihat sambil berenang dengan wajah menghadap ke permukaan air dan bernapas melalui snorkel. Penyelam bisa mengambil napas dalam-dalam sebelum menyelam ke bawah air. Penyelam scuba menggunakan snorkel untuk menghemat udara di dalam tabung sewaktu berenang di permukaan air
Kegiatan snorkeling bisa dilakukan semua orang. Penyelam yang tidak bisa berenang atau tidak bisa mengapung bisa mengenakan baju pelampung. Ketika menyelam di air bersuhu rendah, penyelam memakai baju selam (we suite) untuk menjaga tubuh dari kedinginan. Selain itu, baju selam merupakan pelindung tubuh dari luka tergores terumbu karang atau sengatan ubur-ubur.
Selain menguasai cara bernapas dengan mulut melalui snorkel, kegiatan snorkeling tidak memerlukan pendidikan khusus. Pemula yang belum pernah melakukan snorkeling bisa mempelajarinya dalam waktu singkat dari pemandu. Walaupun demikian, seperti halnya olahraga selam, kegiatan snorkeling tidak untuk dilakukan seorang diri, melainkan bersama teman atau secara berkelompok.
Snorkeling adalah kegiatan rekreasi air yang populer, terutama di resor pantai tropis dan lokasi selam scuba yang dangkal. Penyelam bisa mengamati beraneka ragam flora dan fauna bawah laut, seperti: terumbu karang, ikan, kerang, bintang laut, rumput laut, ubur-ubur, udang, dan penyu. Selain itu, snorkeling juga dilakukan orang di danau air tawar atau sungai.
Teknik Snorkeling
Saatnya mencoba di air. Tidak bijaksana memasang fin saat anda masih berada di darat ataupun di Kapal, dikarenakan hal ini akan menyulitkan anda untuk bergerak. Jadi jangan memasang peralatan ini terlalu dini. Gunakan saat anda sudah berada di dalam air. Untuk menjaga masker anda dari embun di dalam, gunakan zat anti fogging didalam masker sebelum anda menggunakannya.
Teman ngetrip, Bila menggunakan sebuah snorkel, triknya adalah untuk menjaga tegak tabung pernapasan seperti Anda berenang dengan wajah menghadap dibawah, dan ujung selang snorkle berada diatas permukaan air. Anda harus menyesuaikan tali snorkeling untuk menemukan posisi yang tepat.
Setelah Anda meluncur sepanjang permukaan, pastikan bahwa Anda merasa nyaman dengan peralatan Anda dan lingkungan Anda sebelum Anda memosisikan kepala di bawah. Ada cara yang tepat untuk menyelam dan muncul kembali juga. Untuk menghemat pasokan udara, Anda harus turun kebawah permukaan air secepat mungkin. Bagi kebanyakan orang, cara termudah adalah untuk titik kepala mereka ke bawah dan kaki mereka keluar dari air. Gravitasi akan membawa Anda turun mudah. Pada titik tertentu, Anda akan perlu mulai menendang untuk mendorong diri ke depan.
Demikian juga ketika Anda muncul kembali. Titik kepala dan tendangan untuk mendorong diri ke atas. Pastikan Anda memiringkan kepala Anda kembali untuk melihat kemana Anda akan pergi. Anda tentunya tidak ingin menabrak snorkeler lain atau bagian bawah perahu kan??
Ketika Anda mencapai permukaan, tabung pernapasan Anda harus menunjuk ke bawah sehingga air mengalir keluar. Hembuskan nafas dengan kuat ke snorkeling untuk memaksa keluar air yang tersisa.
Yang terpenting adalah: pastikan bahwa Anda rileks dan nyaman untuk menikmati petualangan bawah laut Anda. Snorkeling adalah olahraga air untuk hampir semua orang. Jangan lewatkan pada saat anda memiliki kesempatan untuk menikmatinya.
sumber : wardie99.blogspot.com

Tagged: , , , , , , , , , , , , , ,