Hotline 085741936193
Informasi lebih lanjut?
Home » Gunung Merbabu » Gunung Merbabu Jalur Selo

Gunung Merbabu Jalur Selo

Gunung Merbabu, sebuah gunung yang terletak di Jawa Tengah, menyajikan jalur pendakian yang paling indah bagi para pecinta alam. Pendaki dari Solo, Jogja, Semarang, dan kota-kota sekitarnya seringkali memilih gunung ini sebagai tujuan favorit mereka. Secara geografis, Gunung Merbabu berada pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Administratif, gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah.

Gunung Merbabu pernah mengalami letusan pada tahun 1560 dan 1797. Selain itu, terdapat laporan tentang letusan pada tahun 1570, namun belum ada konfirmasi atau penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Puncak Gunung Merbabu berada di ketinggian 3.145 meter di atas permukaan air laut.

Kawasan Gunung Merbabu dikelilingi oleh beberapa jenis hutan, termasuk Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Salah satu jalur pendakian yang populer adalah Jalur Selo. Jalur ini menjadi favorit para pendaki karena lebih ramai dan menawarkan pemandangan indah dengan hamparan sabana yang memukau. Dari jalur ini, para pendaki juga bisa dengan jelas melihat Gunung Merapi, tetangga dekat Gunung Merbabu.

Akses menuju lokasi pendakian dapat ditempuh dari Yogyakarta atau Solo. Jika berasal dari Solo, naiklah bus jurusan Semarang dan turun di kota Boyolali. Bagi yang berasal dari Yogyakarta, naiklah bus jurusan Solo dan turun di Kartasura, lalu ganti bus jurusan Solo Semarang dan turun di kota Boyolali. Dari Boyolali, gunakan bus kecil jurusan Selo untuk mencapai daerah tersebut. Perlu diingat bahwa bus langsung ke Selo agak jarang, biasanya hanya sampai Pasar Cepogo, dari mana kita harus mengganti bus kecil lagi yang menuju Selo. Jika menggunakan bus kecil dari Boyolali, pastikan untuk turun di Pasar Sapi, karena bus tidak berhenti di Terminal Boyolali. Pendaki harus berjalan kaki sebentar dari Pasar Sapi untuk mencari bus kecil jurusan Cepogo/Selo.

Pendakian dimulai dengan menyusuri gapura selamat datang dari Taman Nasional Gunung Merbabu, kemudian memasuki hutan dengan pepohonan pinus dan lamtoro yang memberikan kesan sejuk. Jalanan masih cukup landai hingga sekitar 15 menit perjalanan, lalu akan mencapai pos 1 (Dok Malang) yang masih berada di rimbunnya pepohonan.

Setelah pos 1, trek belum begitu curam, tetapi ada satu tanjakan yang terjal dan di puncaknya terdapat pos bayangan. Sekitar 20 menit dari pos bayangan, pendaki akan mencapai pos 2 (Pandean) yang jaraknya bisa dibilang cukup panjang dari pos 1-2.

Selanjutnya, jarak antara pos 2 dan 3 tidak terlalu jauh. Sekitar 45 menit perjalanan, pendaki akan sampai di pos 3 (Watu Tulis) yang menawarkan pemandangan indah, terutama jika Merapi tidak tertutup kabut. Di pos ini, pendaki disarankan untuk beristirahat sejenak.

Menuju pos 4 (Sabana 1), pendaki akan dihadapkan pada trek yang menantang dan membuat napas terengah-engah. Trek ini curam dan tanahnya mudah licin. Disarankan untuk memilih jalan sedikit ke kiri karena di sana terdapat pegangan.

Sabana 1 merupakan tempat yang menarik untuk berkemah. Tempat ini datar dan menawarkan pemandangan indah yang menjadi alasan banyak pendaki mendirikan tenda di sini. Namun, angin di tempat ini cukup kencang dan sangat rawan terjadi badai.

Dari Sabana 1, perjalanan menuju Sabana 2 (pos 5) tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya sekitar 40 menit. Treknya berupa tanjakan yang sedikit terjal meskipun tidak securam antara pos 3-pos 4, namun angin cukup kencang terutama saat malam hari. Setelah mencapai puncak bukit, perjalanan akan menurun dan akhirnya mencapai pos 5 (Sabana 2). Meskipun terdapat hembusan angin yang cukup kencang, menurut saya ini adalah tempat yang cocok untuk mendirikan tenda.

Bagi yang ingin menikmati sunrise di puncak, disarankan untuk bangun sekitar jam 3 pagi untuk menyiapkan sarapan dan melakukan pendakian menuju puncak. Waktu tempuh ke puncak adalah sekitar 1-1,5 jam. Jika malas bangun pagi, sunrise juga bisa dinikmati di bukit sebelah timur sabana. Keuntungan dari jalur ini adalah, pendaki dapat menikmati sunrise sepanjang jalur pendakian.

Perlu dicatat bagi para pendaki yang memilih jalur Selo, air minum harus dibawa dari bawah/basecamp karena tidak ada sumber air di sepanjang perjalanan menuju puncak.

Gunung Merbabu menawarkan petualangan pendakian yang menantang dengan pemandangan alam yang memukau. Jalur Selo menjadi pilihan utama bagi pendaki yang mencari pengalaman tak terlupakan di tengah keindahan pegunungan Jawa Tengah.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Open Trip Gunung Ciremai: Menikmati Keindahan Puncak Tertinggi Jawa Barat

Open Trip Gunung Ciremai: Menikmati Keindahan Puncak Tertinggi Jawa Barat

31 May 2023 163x gunung ciremai

Open Trip Gunung Ciremai: Menikmati Keindahan Puncak Tertinggi Jawa Barat Pendahuluan Gunung Ciremai, yang juga dikenal sebagai Gunung Ceremai, adalah salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat, Indonesia. Dengan ketinggian mencapai 3.078 meter di atas permukaan laut, gunung ini menawarkan keindahan alam yang memukau dan panorama yang memesona. Bagi para peci... selengkapnya

perlengkapan mendaki gunung

Pakaian dan Perlengkapan Wajib untuk Mendaki Gunung

28 May 2024 86x Artikel Trip Murah

Perlengkapan Mendaki Gunung: Panduan Lengkap untuk Petualangan Anda Mendaki gunung adalah kegiatan yang menyenangkan dan menantang. Namun, untuk menikmati pengalaman ini secara maksimal, Anda perlu mempersiapkan perlengkapan yang tepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendetail semua perlengkapan yang Anda butuhkan untuk mendaki gunung. Penganta... selengkapnya

Open Trip / Private Trip / Paket Pendakian Gunung Semeru 2024

Mengenal Gunung Semeru Gunung Semeru, dengan segala megahnya, memegang gelar sebagai puncak tertinggi di Pulau Jawa dan juga gunung tertinggi keempat di Indonesia setelah Carstensz Pyramid di Papua, Kerinci di Sumatera dan Rinjani di Nusa Tenggara. Dikenal juga sebagai Mahameru, gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut. Kebe... selengkapnya

Perusahaan yang telah memakai JASA kami

Testimoni

Ayu Medan

Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah...
5.0
2017-08-23T05:49:55+07:00
Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah berjuang membawa saya sampai puncak. Dan terima kasih juga buat mas deny dan team teman ngetripnya. Next time ketemu lagi yak

Opentrip Karimunjawa

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Abi

5.0
2015-04-08T07:36:21+07:00

Abi

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Trip Bromo

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"

Yoga (jakarta)

4.0
2015-04-08T07:39:06+07:00

Yoga (jakarta)

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"
opentrip bromo

Bromo

temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream

firda habsafitri

5.0
2015-04-10T10:33:41+07:00

firda habsafitri

opentrip bromo
temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream
pendakian kawah ijen indoporcelin

Kawah Ijen

thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)

Dewi

5.0
2015-04-10T10:39:48+07:00

Dewi

pendakian kawah ijen indoporcelin
thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)
4.8
5

Motto Kami

Kami menjunjung tinggi nilai-nilai : Kejujuran, kebersamaan, Kekeluargaan serta Kerjasama team

Base Camp

camp
Informasi paket wisata dan trip
Jln. Mahoni 3 blok D4 No. 8 RT 10 RW 11 Jatisari Lestari, Mijen
Telp / SMS / WA : +6285741936193
Email : [email protected]
Instagram: temanngetrip
Website : www.temanngetrip.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Ada yang bisa Kami bantu? :-)

Kami Online 24/7 Hari Chat sekarang