Hotline 085741936193
Informasi lebih lanjut?
Home » Pendakian Gunung Semeru » Gunung Semeru, Tertinggi di Pulau Jawa

Gunung Semeru, juga dikenal sebagai Mahameru, merupakan salah satu gunung berapi aktif tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Popularitasnya sebagai destinasi pendakian tak terbantahkan, menyedot minat para pecinta alam dan wisatawan yang mendambakan petualangan di alam bebas. Berada di Provinsi Jawa Timur, gunung ini menjulang hingga ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut. Keindahan alam yang disajikan oleh Gunung Semeru sungguh luar biasa, terutama dengan keberadaan danau-danau dan kawah di puncaknya.

Terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang meliputi pegunungan dan lembah seluas 50.273 hektar, Gunung Semeru menjadi magnet bagi pengunjung. Pintu masuk pertama yang umumnya digunakan untukmencapai puncak Mahameru adalah melalui kota Malang atau Lumajang, dengan perjalanan menuju Tumpang. Tumpang, sebagai titik awal pendakian, kerap dipadati oleh pendaki yang berbondong-bondong menuju gunung yang legendaris ini.

Dari Tumpang, perjalanan dilanjutkan menuju Ranu Pani, desa terakhir di kaki Gunung Semeru, yang biasanya ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam menggunakan jeep atau truk sayuran. Perjalanan menuju Ranu Pani seiring dengan rute yang menuju Gunung Bromo, melintasi desa Ngadas. Selama perjalanan menuju Ranu Pani, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang menarik dengan jalan berliku dan menanjak yang melintasi bukit-bukit. Di pos Ranu Pani, pendaki harus mendapatkan izin pendakian sebelum memulai petualangan mereka. Di sini, udara menjadi semakin dingin dan Mahameru menjulang gagah menanti para pendaki.

Salah satu spot yang tidak boleh dilewatkan bagi pendaki adalah Ranu Kumbolo. Bagi mereka yang telah mengunjungi Mahameru, Ranu Kumbolo kerap disebut sebagai danau surga. Terletak di tengah gunung dengan ketinggian 2.400 mdpl, danau ini memukau dengan airnya yang jernih. Melihat Ranu Kumbolo, Anda akan tersentuh oleh keindahan yang tiada tara, ketika batas antara air dan langit menjadi tipis dengan begitu mempesona. Keajaiban alam ini memperlihatkan keindahan yang luar biasa, sebuah karya Tuhan yang tak terhingga.

Bagi yang sudah menonton film “5 CM” atau pernah mendaki Semeru, mereka pasti familiar dengan mitos Tanjakan Cinta. Tanjakan Cinta sebenarnya adalah sebuah bukit yang harus dihadapi ketika melintasi perjalanan dari Ranu Kumbolo menuju Oro Oro Ombo, dengan Mahameru menjulang gagah di baliknya di bawah langit biru yang menghampar. Konon, jika Anda melewati Tanjakan Cinta tanpa menoleh ke belakang dan tanpa memikirkan orang yang Anda cintai, cinta tersebut akan kekal abadi. Namun, bagi mereka yang masih jomblo, semoga tidak akan menjadi jomblo selamanya.

Selanjutnya, perjalanan berlanjut ke Oro Oro Ombo, sebuah padang rumput yang luas. Perjalanan di Oro Oro Ombo relatif mudah, dengan pemandangan yang memukau terbentang di hadapan Anda. Di sini, Mahameru tampak mengintip dari balik bukit-bukit, menanti petualang berani yang akan mencapai puncaknya.

Setelah melewati Oro Oro Ombo, perjalanan akan mencapai Cemoro Kandang dan kemudian pos Jambangan. Di tempat ini, kegembiraan semakin terasa karena Mahameru menjulang kokoh di depan mata, menjadi saksi akan kebesaran Ilahi yang akan segera ditaklukkan. Salah satu keistimewaan Jambangan adalah keberadaan bunga abadi, Edelweis, yang menambah pesona tempat ini.

Pos berikutnya adalah pos Kalimati, dinamakan demikian karena di sekitarnya terdapat bekas aliran lahar gunung Semeru yang telah membeku. Jangan lupa untuk mengisi persediaan air terakhir di Sumber Mani, sumber mata air terakhir sebelum mencapai puncak Sang Dewa. Dengan ketinggian sekitar 2.700 mdpl, pendaki akan merasakan suhu yang semakin dingin di tepi hutan cemara sambil beristirahat sejenak sebelum melanjutkan pendakian sesungguhnya. Di sini, pendaki akan meninggalkan barang bawaan mereka dan hanya membawa air minum secukupnya.

Menuju Arcapadha adalah tantangan tersendiri, dengan melewati turunan dan hutan yang kemudian dihadapkan pada tanjakan yang sangat curam dan berdebu. Semeru sebagai gunung berapi yang masih aktif memberikan nuansa petualangan yang menggugah adrenalin. Dinamakan Arcapadha (Arcopodo) karena terdapat dua patung kembar misterius di pos ini, yang dikatakan hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

harga paket outbound

Wisata Jeep Banyubiru Cocok Untuk Pemula

20 May 2024 32x Wisata Jeep Banyubiru

Banyubiru, sebuah kecamatan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, menawarkan pesona alam yang tak terbantahkan. Terletak di kaki Gunung Ungaran, kawasan ini menjadi destinasi favorit bagi para pecinta alam dan petualangan. Salah satu aktivitas menarik yang kini semakin populer adalah wisata jeep. Melalui artikel ini, mari kita eksplorasi sensasi petualangan je... selengkapnya

10 Resort Mewah di Karimunjawa: Menawarkan Liburan yang Luar Biasa

10 Resort Mewah di Karimunjawa: Menawarkan Liburan yang Luar Biasa

23 May 2023 131x Karimunjawa Murah, Uncategorized

Menginap di sebuah resort di Karimunjawa adalah pilihan yang menarik bagi wisatawan yang mencari liburan yang santai dan menenangkan di tengah keindahan alam yang menakjubkan. Pulau-pulau Karimunjawa yang terletak di Laut Jawa menawarkan pantai yang cantik, terumbu karang yang indah, dan keragaman hayati yang luar biasa. Namun, seperti halnya dengan setiap d... selengkapnya

opentrip karimunjawamurah

Paket Karimunjawa Murah

6 May 2015 157x Karimunjawa Murah

Taman Nasional Karimunjawa merupakan Kawasan Pelestarian Alam dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi serta mewakili ekosistem pantai utara jawa Tengah. Opentrip di Karimunjawa terdiri dari 22 pulau dan memiliki lima tipe ekosistem yaitu terumbu karang, padang lamun dan rumput laut, hutan mangrove, hutan pantai, serta hutan hujan tropis dataran rend... selengkapnya

Perusahaan yang telah memakai JASA kami

Testimoni

Ayu Medan

Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah...
5.0
2017-08-23T05:49:55+07:00
Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah berjuang membawa saya sampai puncak. Dan terima kasih juga buat mas deny dan team teman ngetripnya. Next time ketemu lagi yak

Opentrip Karimunjawa

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Abi

5.0
2015-04-08T07:36:21+07:00

Abi

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Trip Bromo

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"

Yoga (jakarta)

4.0
2015-04-08T07:39:06+07:00

Yoga (jakarta)

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"
opentrip bromo

Bromo

temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream

firda habsafitri

5.0
2015-04-10T10:33:41+07:00

firda habsafitri

opentrip bromo
temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream
pendakian kawah ijen indoporcelin

Kawah Ijen

thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)

Dewi

5.0
2015-04-10T10:39:48+07:00

Dewi

pendakian kawah ijen indoporcelin
thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)
4.8
5

Motto Kami

Kami menjunjung tinggi nilai-nilai : Kejujuran, kebersamaan, Kekeluargaan serta Kerjasama team

Base Camp

camp
Informasi paket wisata dan trip
Jln. Mahoni 3 blok D4 No. 8 RT 10 RW 11 Jatisari Lestari, Mijen
Telp / SMS / WA : +6285741936193
Email : [email protected]
Instagram: temanngetrip
Website : www.temanngetrip.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Ada yang bisa Kami bantu? :-)

Kami Online 24/7 Hari Chat sekarang