Hotline 085741936193
Informasi lebih lanjut?
Home » Outbound » Ice Breaking: 10 Permainan Seru untuk Acara Kantor

Dalam suatu acara kantor seperti rapat, presentasi, atau pelatihan, peserta terkadang dapat kehilangan fokus dan merasa bosan. Oleh karena itu, untuk menyegarkan suasana dan melawan kebekuan, mengadakan ice breaking yang menyenangkan bisa menjadi solusi tepat.

Ice breaking bukan hanya sekadar menghilangkan rasa bosan dan ketegangan, tetapi juga dapat memperkuat keterikatan antar peserta dan meningkatkan kekompakan tim. Jika kamu sedang mencari ide kegiatan untuk mengisi sesi ice breaking, simak artikel berikut yang memberikan inspirasi yang kreatif!

Apa Itu Ice Breaking?

Ice breaking adalah kegiatan yang bertujuan untuk meredakan suasana yang terasa ‘dingin dan kaku’, terutama pada saat rapat, presentasi, atau pelatihan karyawan. Kondisi ‘dingin’ ini merujuk pada suasana yang terasa membosankan dan melelahkan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu orang-orang yang sebelumnya tidak kenal satu sama lain, belum pernah bertemu, atau belum bekerja sama, agar bisa membangun hubungan dan menjadi akrab.

Dalam konteks perusahaan, sesi ice breaking sangat berguna untuk mempercepat pembentukan ikatan tim saat tim baru dibentuk. Fasilitator memiliki peran penting sebagai pemandu, memastikan partisipasi semua peserta dalam kegiatan dan mengarahkan mereka sesuai instruksi.

Manfaat Ice Breaking

Terdapat berbagai manfaat yang dapat diperoleh melalui kegiatan ice breaking, antara lain:

  1. Menciptakan Rasa Kebersamaan Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan suasana santai untuk meningkatkan kegembiraan peserta. Dengan suasana yang riang, peserta menjadi lebih ramah dan terbuka. Ini membantu membangun rasa kepercayaan satu sama lain, yang pada gilirannya menciptakan atmosfer kebersamaan.
  2. Mengembangkan Kreativitas Ice breaking dapat merangsang kreativitas peserta dengan mendorong mereka untuk berpikir strategis dan taktis untuk mencapai tujuan tertentu. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir imajinatif dan kreatif.

Kapan Sebaiknya Ice Breaking Dilakukan

Melakukan ice breaking memerlukan pemilihan waktu yang tepat. Sebagai penyelenggara acara, kamu perlu memperhatikan kondisi peserta. Ice breaking sebaiknya dilakukan saat peserta mulai merasa bosan, tidak fokus, atau lelah. Ini biasanya terjadi setelah beberapa jam mengikuti acara. Misalnya, jika acara dimulai pukul 9 pagi, sesi ice breaking sebaiknya diadakan sekitar pukul 11 untuk mengembalikan semangat peserta.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Ice Breaking

Untuk memastikan keberhasilan ice breaking, ada dua poin penting yang perlu diperhatikan:

  1. Tujuan Harus Jelas Penting untuk memahami dengan jelas tujuan dari kegiatan ice breaking. Apakah tujuannya untuk memperkenalkan karyawan baru pada budaya perusahaan atau untuk menciptakan suasana akrab di antara anggota tim yang sudah lama bekerja bersama.
  2. Usahakan Tetap Sederhana Kegiatan ice breaking sebaiknya sederhana dan tidak memakan waktu berlebihan. Semakin sederhana kegiatannya, semakin efektif pesan yang ingin disampaikan.

Contoh Ice Breaking Seru

Berikut adalah beberapa contoh kegiatan ice breaking seru yang dapat dicoba:

1. Yel-yel

Contoh ice breaking seru pertama adalah membuat yel-yel. Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok dan diminta untuk menciptakan yel-yel yang menarik dan penuh semangat. Game ini tidak hanya mengasah kreativitas, tetapi juga meningkatkan kerja sama di antara anggota kelompok.

2. Two Truths and One Lie

Permainan ini melibatkan peserta untuk membagikan tiga pernyataan tentang diri mereka sendiri, di mana dua pernyataan adalah kebenaran dan satu pernyataan adalah kebohongan. Rekan kerja lainnya mencoba menebak mana yang bohong melalui pertanyaan. Ini adalah kesempatan bagus untuk lebih mengenal kepribadian rekan kerja.*3. Group Map**

Jika ada peserta dari berbagai daerah, permainan ini melibatkan penempatan peserta dalam peta imajiner yang mencerminkan daerah asal mereka. Mereka membagikan nilai internal dari daerah tersebut, menciptakan pemahaman dan ikatan yang kuat dalam tim.

4. Tebak Logo Produk

Permainan sederhana dengan menampilkan logo produk dan meminta peserta untuk menebaknya. Hukuman kreatif dapat diberikan untuk meningkatkan kegembiraan, seperti mencoret muka dengan bedak bagi yang tidak bisa menebak dengan benar.

5. Pagi, Siang, Malam

Peserta merespons kata-kata tertentu (pagi, siang, malam) dengan tepukan tangan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Hukuman dapat diberikan kepada peserta yang tidak mengikuti instruksi, menciptakan suasana yang menyenangkan.

6. Siapa Itu

Peserta menuliskan fakta unik tentang diri mereka, dan peserta lain mencoba menebak siapa yang menulisnya. Tujuannya adalah memahami hal-hal baru tentang rekan kerja mereka.

7. Unique and Shared

Dalam grup kecil, peserta mencari kesamaan unik satu sama lain. Ini membangun rasa persatuan dan kesadaran akan kesamaan di antara anggota tim.

8. Sambung Kata

Peserta membuat kalimat dari kata-kata yang disebutkan oleh peserta lainnya. Kesalahan dalam menyebutkan kata-kata dapat menghasilkan hukuman, menambah elemen kompetitif dan kerja sama.

9. Games ‘Bos Berkata’

Menguji konsentrasi peserta dengan mengikuti perintah dari seorang ‘Bos’. Perintah yang diawali dengan “Bos Berkata” harus diikuti, sementara perintah lainnya tidak.

10. Kata Kunci

Peserta mendengarkan cerita dan merespons dengan mengatakan “Bisa, Yes!” ketika kata kunci tertentu disebutkan. Permainan ini menguji ketelitian dan keterlibatan peserta.

Semua permainan ini dirancang untuk meningkatkan komunikasi, kerja sama, dan keakraban di antara rekan kerja. Dengan suasana yang santai dan menyenangkan, diharapkan hubungan di kantor dapat tumbuh lebih baik. Selamat mencoba!

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Open Trip: Mengenal Konsep dan Manfaatnya

Open Trip: Mengenal Konsep dan Manfaatnya

1 June 2023 319x open trip

Apa Itu Open Trip: Mengenal Konsep dan Manfaatnya Pada zaman sekarang, semakin banyak orang yang berminat untuk menjelajahi destinasi wisata baru. Namun, terkadang perencanaan dan biaya yang terkait dengan perjalanan individu bisa menjadi hambatan bagi beberapa orang. Inilah mengapa konsep “open trip” menjadi semakin populer. Open trip adalah car... selengkapnya

Tips Wisata ke Pulau Komodo

Mengenal Pulau Komodo: Keajaiban Alam dan Kehidupan Satwa Unik Pulau Komodo, yang terletak di kepulauan Nusa Tenggara, merupakan sebuah permata alam Indonesia yang menakjubkan. Terkenal sebagai rumah bagi komodo, pulau ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang luar biasa tetapi juga kehidupan satwa liar yang unik dan langka. Mari kita menjelajahi kekaya... selengkapnya

tektok gunung ungaran, gunung ungaran via perantunan, trip gunung ungaran, private trip gunung ungaran, one day trip gunung ungaran

Paket Pendakian Gunung Ungaran 2023-2024 Via Mawar – Via Perantunan | Private Trip Ungaran

5 July 2023 562x gunung ungaran

Private Trip Gunung Ungaran, merupakan gunung yang terletak paling dekat dengan kota Semarang, menawarkan pemandangan yang luar biasa. Dari puncaknya, Anda dapat menikmati panorama indah gunung Merbabu, Merapi, Lawu, Sumbing, dan Sindoro. Dengan ketinggian mencapai 2050 mdpl, pendakian Gunung Ungaran ini cocok untuk one day trip dengan perjalanan santai sela... selengkapnya

Perusahaan yang telah memakai JASA kami

Testimoni

Ayu Medan

Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah...
5.0
2017-08-23T05:49:55+07:00
Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah berjuang membawa saya sampai puncak. Dan terima kasih juga buat mas deny dan team teman ngetripnya. Next time ketemu lagi yak

Opentrip Karimunjawa

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Abi

5.0
2015-04-08T07:36:21+07:00

Abi

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Trip Bromo

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"

Yoga (jakarta)

4.0
2015-04-08T07:39:06+07:00

Yoga (jakarta)

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"
opentrip bromo

Bromo

temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream

firda habsafitri

5.0
2015-04-10T10:33:41+07:00

firda habsafitri

opentrip bromo
temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream
pendakian kawah ijen indoporcelin

Kawah Ijen

thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)

Dewi

5.0
2015-04-10T10:39:48+07:00

Dewi

pendakian kawah ijen indoporcelin
thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)
4.8
5

Motto Kami

Kami menjunjung tinggi nilai-nilai : Kejujuran, kebersamaan, Kekeluargaan serta Kerjasama team

Base Camp

camp
Informasi paket wisata dan trip
Jln. Mahoni 3 blok D4 No. 8 RT 10 RW 11 Jatisari Lestari, Mijen
Telp / SMS / WA : +6285741936193
Email : [email protected]
Instagram: temanngetrip
Website : www.temanngetrip.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Ada yang bisa Kami bantu? :-)

Kami Online 24/7 Hari Chat sekarang