Hotline 085741936193
Informasi lebih lanjut?
Home » gunung sumbing » Gunung Sumbing via Garung: Menyusuri Keindahan Alam dan Jalur Pendakian

Gunung Sumbing via Garung: Menyusuri Keindahan Alam dan Jalur Pendakian

Gunung Sumbing, dengan ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut, merupakan salah satu gunung berapi yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia. Gunung ini dikenal sebagai destinasi favorit bagi para pendaki, baik yang berpengalaman maupun yang masih pemula. Salah satu jalur pendakian yang populer adalah melalui jalur Garung, yang menawarkan pemandangan alam yang memukau sepanjang perjalanan.

Jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung dimulai dari desa Garung, yang terletak di Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Desa ini dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dari kota Yogyakarta atau Semarang. Setelah tiba di Garung, perjalanan pendakian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju pos pendakian.

Perjalanan pendakian dimulai dari pos pendakian di desa Garung, yang berada pada ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut. Dari pos pendakian, pendaki akan melewati berbagai jenis medan, termasuk hutan, ladang, dan semak belukar. Jalur ini cukup terawat dan ditandai dengan baik, sehingga pendaki dapat mengikuti jalur dengan mudah.

Saat mendaki Gunung Sumbing melalui jalur Garung, pendaki akan melewati beberapa pos yang telah disiapkan oleh pihak pengelola gunung. Pos-pos tersebut berfungsi sebagai tempat istirahat dan pengisian air. Salah satu pos yang terkenal adalah Pos Tegal Alun, yang terletak pada ketinggian sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut. Pos ini merupakan tempat yang strategis untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan pendakian ke puncak.

Perjalanan pendakian Gunung Sumbing via Garung umumnya membutuhkan waktu sekitar 8-10 jam untuk mencapai puncak. Jarak yang ditempuh sekitar 10-12 kilometer tergantung pada jalur yang diambil. Pendakian ini tidak terlalu sulit, namun tetap membutuhkan stamina yang cukup dan persiapan yang baik. Pendaki disarankan membawa perlengkapan pendakian yang memadai, seperti pakaian hangat, jaket hujan, alas kaki yang nyaman, serta makanan dan minuman secukupnya.

Selama perjalanan pendakian, pendaki akan disuguhi pemandangan alam yang memukau. Dari beberapa titik, pendaki dapat melihat keindahan lembah dan pegunungan sekitarnya, serta pemandangan matahari terbit atau terbenam yang spektakuler. Suasana di sekitar Gunung Sumbing juga sangat tenang dan damai, menjadikan pendakian ini sebagai pengalaman yang menyegarkan jiwa.

Bagi pendaki yang tidak ingin menempuh perjalanan pendakian secara penuh, terdapat juga opsi menggunakan jasa ojek untuk mencapai pos-pos tertentu. Ojek biasanya tersedia di desa Garung dan dapat membantu pendaki untuk mencapai pos-pos yang lebih tinggi dengan lebih cepat. Namun, penting untuk memastikan keselamatan dan mengecek kondisi ojek serta tarif yang berlaku sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa ojek.

Gunung Sumbing via Garung merupakan salah satu pendakian yang menarik untuk dijelajahi. Jalur pendakian yang terawat dengan baik, pemandangan alam yang indah, dan atmosfer yang damai menjadikan pengalaman ini tak terlupakan. Penting bagi para pendaki untuk tetap menjaga kebersihan dan keselamatan selama pendakian serta menghormati lingkungan sekitar. Dengan demikian, Gunung Sumbing via Garung akan terus menjadi tujuan yang populer bagi pecinta alam dan pendaki dari berbagai penjuru.

Pendakian Gunung Sumbing via Garung juga menawarkan pengalaman yang beragam di sepanjang jalur. Selama perjalanan, pendaki akan melewati beberapa titik menarik, seperti Air Terjun Ketepeng, yang menjadi pilihan istirahat yang menyegarkan dengan keindahan aliran air yang jernih dan suasana sejuk di sekitarnya.

Selain itu, terdapat juga beberapa titik kemah yang disediakan oleh pihak pengelola gunung di sepanjang jalur pendakian. Pendaki dapat menggunakan fasilitas tersebut untuk berkemah dan istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak. Tidak ada penginapan atau akomodasi permanen di Gunung Sumbing, sehingga para pendaki yang berencana menghabiskan lebih dari satu hari di gunung ini disarankan membawa perlengkapan tenda dan peralatan berkemah.

Selama musim pendakian yang ramai, terdapat pos pengamatan di puncak Gunung Sumbing yang dijaga oleh petugas. Pendaki dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari puncak, termasuk pemandangan Gunung Sindoro, Gunung Merapi, dan panorama alam yang memukau. Puncak Gunung Sumbing juga menjadi tempat yang populer untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam yang spektakuler.

Dalam menjalani pendakian Gunung Sumbing via Garung, penting bagi pendaki untuk memperhatikan faktor keamanan dan kesehatan. Perubahan ketinggian yang signifikan dapat berdampak pada tubuh, sehingga penting untuk melakukan aklimatisasi dan menjaga kebugaran fisik sebelum pendakian. Selain itu, selalu perhatikan cuaca dan perkiraan cuaca sebelum memulai perjalanan. Jika cuaca buruk atau kondisi tidak memungkinkan, sebaiknya menunda pendakian demi keselamatan.

Sebagai gunung berapi aktif, Gunung Sumbing juga memiliki potensi bahaya seperti lahar dingin atau aktivitas vulkanik. Oleh karena itu, selalu perhatikan informasi terbaru dari pihak berwenang dan patuhi instruksi keamanan yang diberikan.

Pendakian Gunung Sumbing via Garung memberikan pengalaman alam yang menarik dan mempesona. Dengan persiapan yang baik, ketekunan, dan kehati-hatian, pendaki dapat menikmati keindahan lanskap pegunungan, menguji ketahanan fisik dan mental, serta menciptakan kenangan tak terlupakan di puncak Gunung Sumbing.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

penutupan jalur pendakian gunung merbabu

Pendakian Gunung Merbabu via Selo dan Suwanting Ditutup Hingga Libur Lebaran 2024

PENGUMUMAN Nomor : PG.13/T.35/TU/HMS.8.4/B/03/2024 TENTANG PENUTUPAN JALUR PENDAKIAN TAMAN NASIONAL GUNUNG MERBABU Sehubungan dengan kegiatan pemeliharaan dan penataan jalur pendakian untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pendaki, dengan ini disampaikan hal hal sebagai berikut : 1. Jalur Pendakian Selo dan Suwanting DITUTUP sementara pada tanggal 11 ... selengkapnya

paket pendkaian gunung merbabu, opentrip gunung merbabu, private trip gunung merbabu, trip gunung merbabu, gunung merbabu via suwanting, gunung merbabu via selo

Paket Murah Gunung Merbabu via Selo Suwanting Wekas Thekelan

26 June 2023 142x Gunung Merbabu

Paket Murah Gunung Merbabu via Selo Suwanting Wekas Thekelan Meetingpoint Basecamp   Jelajahi Gunung Merbabu dengan Paket Pendakian Gunung Merbabu, yang merupakan Private Trip Pendakian Gunung Merbabu dengan harga termurah namun dilengkapi dengan fasilitas lengkap yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan dan keamanan yang terjamin. Paket ini terse... selengkapnya

Gili-Labak-Madura

jomblotrip ngecamp gili labak

11 September 2015 165x opentrip gili labak

Pulau yang luasnya tidak sampai 5 hektar ini bisa anda kelilingi hanya dengan waktu 20 menit, gili labak sangat cocok bagi anda pecinta olahraga diving. Keindahan bawah laut pantai ini sangat bagus. Kebanyakan pengunjung datang kesini untuk senorkeling atau diving. Sayangnya untuk penyewaan peralatan snorkeling atau diving tidak ada disini, pengunjung harus ... selengkapnya

Perusahaan yang telah memakai JASA kami

Testimoni

Ayu Medan

Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah...
5.0
2017-08-23T05:49:55+07:00
Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah berjuang membawa saya sampai puncak. Dan terima kasih juga buat mas deny dan team teman ngetripnya. Next time ketemu lagi yak

Opentrip Karimunjawa

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Abi

5.0
2015-04-08T07:36:21+07:00

Abi

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Trip Bromo

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"

Yoga (jakarta)

4.0
2015-04-08T07:39:06+07:00

Yoga (jakarta)

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"
opentrip bromo

Bromo

temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream

firda habsafitri

5.0
2015-04-10T10:33:41+07:00

firda habsafitri

opentrip bromo
temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream
pendakian kawah ijen indoporcelin

Kawah Ijen

thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)

Dewi

5.0
2015-04-10T10:39:48+07:00

Dewi

pendakian kawah ijen indoporcelin
thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)
4.8
5

Motto Kami

Kami menjunjung tinggi nilai-nilai : Kejujuran, kebersamaan, Kekeluargaan serta Kerjasama team

Base Camp

camp
Informasi paket wisata dan trip
Jln. Mahoni 3 blok D4 No. 8 RT 10 RW 11 Jatisari Lestari, Mijen
Telp / SMS / WA : +6285741936193
Email : [email protected]
Instagram: temanngetrip
Website : www.temanngetrip.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Ada yang bisa Kami bantu? :-)

Kami Online 24/7 Hari Chat sekarang