Hotline 085741936193
Informasi lebih lanjut?
Home » gunung sumbing » Gunung Sumbing via Kali Angkrik

Gunung Sumbing via Kali Angkrik: Keindahan Alam dan Mitos yang Menawan

Gunung Sumbing, dengan ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut, adalah salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa, Indonesia. Terletak di antara Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo, gunung ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dan berbagai mitos yang memikat. Salah satu jalur pendakian populer adalah melalui Kali Angkrik, yang menawarkan petualangan tak terlupakan di alam pegunungan.

Jalur Pendakian melalui Kali Angkrik

Pendakian Gunung Sumbing via Kali Angkrik merupakan salah satu jalur yang banyak diminati oleh para pendaki. Jalur ini menawarkan pemandangan alam yang memukau serta tantangan yang menguji keberanian dan kekuatan fisik. Berikut adalah rincian jalur pendakian yang dapat diikuti:

  1. Pintu Masuk Pendakian: Pendakian dimulai dari Desa Kejiwan, yang terletak di sebelah barat Gunung Sumbing. Desa ini dapat dicapai melalui perjalanan darat dari kota-kota terdekat seperti Magelang, Temanggung, atau Wonosobo.
  2. Pos Pendakian: Setelah memasuki Desa Kejiwan, pendaki akan mencapai pos pendakian resmi. Di sini, pendaki dapat mendaftarkan diri, memperoleh informasi terkini tentang jalur, dan menyewa porter atau pemandu lokal jika diperlukan.
  3. Rute Pendakian: Pendakian dimulai dari pos pendakian dan mengarah ke arah utara menuju Kali Angkrik. Rute pendakian melalui hutan dan pematang persawahan yang hijau, serta melewati anak sungai dan air terjun yang indah. Pendaki harus memperhatikan tanda-tanda dan petunjuk yang ada untuk menghindari tersesat.
  4. Perkemahan: Terdapat beberapa titik perkemahan di sepanjang jalur pendakian. Salah satu tempat perkemahan yang populer adalah di sekitar Air Terjun Kedung Lumbang. Di sinilah pendaki dapat beristirahat, mengisi energi, dan menikmati keindahan alam sekitar sebelum melanjutkan pendakian ke puncak.
  5. Puncak Gunung Sumbing: Setelah melalui perjalanan yang menantang, pendaki akan mencapai puncak Gunung Sumbing. Dari puncak ini, panorama luar biasa menanti dengan pemandangan pegunungan yang menjulang, hamparan awan yang mempesona, serta pemandangan matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan.

Mitos yang Memikat

Seperti banyak gunung di Indonesia, Gunung Sumbing juga dikaitkan dengan berbagai mitos dan legenda yang memperkaya budaya setempat. Mitos-mitos ini tidak hanya memberikan nuansa mistis, tetapi juga memberikan makna dan pesan yang dalam kepada penduduk setempat. Berikut adalah beberapa mitos yang terkait dengan Gunung Sumbing:

  1. Asal Usul Gunung Sumbing: Salah satu mitos mengatakan bahwa Gunung Sumbing adalah hasil perbuatan Roro Jonggrang, seorang putri cantik yang dijebak oleh Bandung Bondowoso. Gunung Sumbing adalah salah satu dari seribu candi yang diperintahkan oleh Bandung Bondowoso untuk diselesaikan dalam semalam oleh Roro Jonggrang. Namun, Roro Jonggrang menghentikan pekerjaan dan mengubah dirinya menjadi batu candi, yang sekarang dikenal sebagai Candi Prambanan. Gunung Sumbing dipercaya sebagai sisanya yang belum selesai.
  2. Gunung Sumbing sebagai Tempat Spiritual: Gunung Sumbing dianggap sebagai tempat yang sakral dan dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa dan leluhur. Para penduduk setempat melakukan ritual keagamaan dan memohon berkah di gunung ini, terutama sebelum melakukan pendakian. Mereka meyakini bahwa dengan menghormati dan menjaga kesucian gunung, mereka akan diberikan perlindungan dan keberkahan.
  3. Kehadiran Makhluk Gaib: Beberapa pendaki melaporkan pengalaman supranatural saat berada di Gunung Sumbing. Mereka mengaku mendengar suara aneh, melihat cahaya misterius, atau merasakan kehadiran makhluk gaib. Beberapa penduduk setempat juga percaya bahwa terdapat kerajaan bawah tanah yang dihuni oleh makhluk halus di dalam gunung ini.

Meskipun mitos dan legenda memberikan aura magis kepada Gunung Sumbing, tetapi keindahan alamnya yang luar biasa tetap menjadi daya tarik utama bagi para pendaki. Pendakian melalui Kali Angkrik memberikan kesempatan untuk menggali keajaiban alam yang mengagumkan dan mendekatkan diri dengan kebesaran alam semesta.

Gunung Sumbing via Kali Angkrik tidak hanya menawarkan mitos yang menarik, tetapi juga keindahan alam yang memukau. Berikut adalah beberapa pesona alam yang dapat dinikmati selama pendakian:

  1. Landskap Pegunungan yang Megah: Saat pendaki melewati jalur Kali Angkrik, mereka akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan dari pegunungan yang menjulang tinggi. Hutan hijau, perbukitan curam, dan lembah yang luas akan memanjakan mata pendaki. Keindahan alam ini memberikan perasaan kedamaian dan kebesaran alam semesta.
  2. Air Terjun yang Menawan: Selama pendakian melalui Kali Angkrik, pendaki akan melewati beberapa air terjun yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Kedung Lumbang yang terkenal. Air terjun ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan air yang jatuh dari ketinggian, menciptakan suasana yang segar dan menyejukkan.
  3. Keindahan Flora dan Fauna: Gunung Sumbing via Kali Angkrik juga merupakan tempat bagi beragam flora dan fauna yang menakjubkan. Pendaki dapat melihat berbagai jenis tumbuhan endemik, seperti edelweiss dan anggrek gunung, yang mekar dengan indah di sepanjang jalur pendakian. Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk melihat beragam satwa, seperti kera, rusa, dan burung-burung endemik yang menghiasi langit.
  4. Pemandangan Matahari Terbit dan Terbenam yang Menakjubkan: Salah satu momen paling menakjubkan selama pendakian adalah saat menyaksikan matahari terbit atau terbenam dari puncak Gunung Sumbing. Langit yang berubah warna, perlahan memancarkan cahaya yang mempesona, menciptakan panorama yang tak terlupakan. Pendaki akan merasa seperti berada di atas dunia dan disambut dengan pemandangan yang spektakuler.
  5. Kesempatan untuk Mengamati Bintang: Gunung Sumbing via Kali Angkrik juga merupakan tempat yang ideal untuk mengamati langit yang penuh bintang. Dengan sedikit cahaya kota, langit malam di gunung ini terbuka dan jelas, memungkinkan pendaki untuk memperhatikan keindahan galaksi dan konstelasi di atas. Menghabiskan malam di perkemahan dan menyaksikan langit berbinar-binar adalah pengalaman yang magis dan memikat.

Pendakian Gunung Sumbing via Kali Angkrik bukan hanya tentang mencapai puncak yang menakjubkan, tetapi juga tentang menghargai keindahan alam yang luar biasa. Setiap langkah pendaki membawa mereka lebih dekat dengan keajaiban alam yang tak ternilai harganya, menciptakan pengalaman yang menginspirasi dan mempesona.

Sebagai pendaki, penting untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam selama perjalanan. Mematuhi peraturan pendakian, menghindari pembakaran liar, dan membawa kembali sampah adalah tindakan yang penting untuk menjaga keindahan alam Gunung Sumbing dan menjaga kelestariannya untuk generasi mendatang.

Jadi, hadirilah petualangan mendaki Gunung Sumbing via Kali Angkrik dan biarkan diri Anda terpesona oleh keindahan alam yang menakjubkan yang ditawarkan gunung ini. Sambil merasakan pesona mitos yang mengelilinginya, Anda akan menciptakan kenangan yang tak terlupakan dan memperoleh pengalaman spiritual yang mendalam dalam keterhubungan dengan alam semesta.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Paket Pendakian Gunung Prau Tektok

Paket Pendakian Gunung Prau Tektok

Pendakian Gunung Prau Tanpa Camping: Nikmati Keindahan Alam dengan Paket TekTok Gunung Prau, sebuah destinasi yang memikat dengan pesonanya, menawarkan pengalaman pendakian tanpa camping yang seru dan efisien. Dengan paket tektok kami, Anda dapat menikmati keindahan Gunung Prau tanpa harus bermalam di sana. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang pengalaman p... selengkapnya

Paket pendakian gunung sindoro, sumbing, slamet

Paket Pendakian Gunung Slamet – Sumbing – Sindoro 2024

Paket Pendakian Gunung Slamet – Sumbing – Sindoro: Menyusuri Puncak-Puncak Gemerlap Jawa Tengah dalam 6 atau 5 Hari **Overview:** Kali ini Teman Ngetrip akan mengajak para pecinta alam untuk menjelajahi keindahan tiga gunung menakjubkan, yaitu Gunung Slamet, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro, dalam paket pendakian selama 6 atau 5 hari. Dengan kombinasi ... selengkapnya

rute gunung merbabu

Rute Terbaik Menuju Gunung Merbabu

Pengantar Mengapa Gunung Merbabu Menarik untuk Pendakian? Gunung Merbabu, dengan ketinggiannya yang mencapai 3.145 meter di atas permukaan laut, adalah salah satu destinasi pendakian yang paling dicari di Indonesia. Keindahan alam, beragam flora dan fauna, serta pemandangan spektakuler dari puncaknya menjadikan Gunung Merbabu sebagai tempat yang ideal bagi p... selengkapnya

Perusahaan yang telah memakai JASA kami

Testimoni

Ayu Medan

Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah...
5.0
2017-08-23T05:49:55+07:00
Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah berjuang membawa saya sampai puncak. Dan terima kasih juga buat mas deny dan team teman ngetripnya. Next time ketemu lagi yak

Opentrip Karimunjawa

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Abi

5.0
2015-04-08T07:36:21+07:00

Abi

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Trip Bromo

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"

Yoga (jakarta)

4.0
2015-04-08T07:39:06+07:00

Yoga (jakarta)

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"
opentrip bromo

Bromo

temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream

firda habsafitri

5.0
2015-04-10T10:33:41+07:00

firda habsafitri

opentrip bromo
temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream
pendakian kawah ijen indoporcelin

Kawah Ijen

thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)

Dewi

5.0
2015-04-10T10:39:48+07:00

Dewi

pendakian kawah ijen indoporcelin
thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)
4.8
5

Motto Kami

Kami menjunjung tinggi nilai-nilai : Kejujuran, kebersamaan, Kekeluargaan serta Kerjasama team

Base Camp

camp
Informasi paket wisata dan trip
Jln. Mahoni 3 blok D4 No. 8 RT 10 RW 11 Jatisari Lestari, Mijen
Telp / SMS / WA : +6285741936193
Email : [email protected]
Instagram: temanngetrip
Website : www.temanngetrip.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Ada yang bisa Kami bantu? :-)

Kami Online 24/7 Hari Chat sekarang