Hotline 085741936193
Informasi lebih lanjut?
Home » guide gunung rinjani » Info Jalur Pendakian Gunung Rinjani

Menyelusuri Keindahan Gunung Rinjani: Berbagai Jalur Pendakian yang Menarik

Mengetahui Jalur Pendakian Gunung Rinjani

Gunung Rinjani, sebuah keindahan alam yang menakjubkan di pulau Lombok, menarik para petualang dengan beragam jalur pendakian yang menantang. Berikut adalah gambaran singkat tentang lima jalur pendakian resmi yang bisa Anda jelajahi untuk menikmati panorama Gunung Rinjani:

1. Trekking Rinjani Via Sembalun, Lombok Timur

Plawangan sembalun, segara anak, puncak rinjani

Bukit Penyesalan Gunung Rinjani

Pendakian melalui jalur Sembalun di Lombok Timur adalah pilihan yang sangat disukai oleh pendaki pemula. Trek ini menawarkan pengalaman mendaki yang menarik tanpa terlalu membebani fisik.

Mengenal Jalur Pendakian

Jalur pendakian dimulai dari Sembalun Lawang, sebuah desa yang terletak di lereng Gunung Rinjani. Desa ini menawarkan kenyamanan sebelum memulai perjalanan. Pendakian dimulai dari ketinggian sekitar 1.150 meter di atas permukaan laut dan berakhir di puncak Rinjani yang menakjubkan, setinggi 3.726 meter di atas permukaan laut.

Keindahan Jalur Sembalun

Jalur ini menawarkan pengalaman unik karena pendaki akan melewati hamparan savana yang luas. Mulai dari Pos 1 hingga Pos 3, pendaki akan disuguhkan pemandangan padang savana yang memikat, memberikan kesan tersendiri dalam perjalanan.

Tantangan di Jalur

Meskipun trek awal relatif landai, tantangan muncul ketika pendaki mencapai Pos 3. Di sinilah mereka akan dihadapkan dengan Bukit Penyesalan, yang menuntut persiapan fisik dan mental yang matang untuk bisa menaklukannya.

Menuju Pelawangan Sembalun

Pelawangan Sembalun menjadi tujuan akhir bagi pendaki yang memilih jalur ini. Untuk mencapai pelawangan ini, pendaki harus melewati Bukit Penyesalan dengan ketahanan dan semangat yang kuat. Dari pelawangan, panorama Gunung Rinjani dan sekitarnya terbentang luas, memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Jalur Utama Menuju Puncak

Jalur Sembalun juga merupakan jalur utama bagi mereka yang ingin menaklukkan puncak Gunung Rinjani. Pendaki akan dibawa melalui pemandangan savana yang luas dan mengesankan sepanjang perjalanan, sebelum mencapai puncak yang menantang.

2. Trekking Rinjani Via Senaru, Lombok Utara

gunung rinjani via senaru

gunung rinjani via senaru

Pendakian melalui jalur Senaru di Lombok Utara adalah pilihan yang sering dipilih oleh para wisatawan mancanegara. Meskipun sedikit bonus selama perjalanan, jalur ini menawarkan pengalaman yang unik dengan suasana hutan tropis yang mempesona.

Mengenal Jalur Pendakian

Jalur pendakian dimulai dari Desa Senaru, sebuah desa yang terletak di kaki Gunung Rinjani. Desa ini menjadi titik awal perjalanan bagi pendaki yang memilih jalur ini. Pendakian dimulai dari ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut dan berakhir di Plawangan Senaru, sekitar 2.641 meter di atas permukaan laut.

Keindahan Jalur Senaru

Selama perjalanan, pendaki akan melewati hutan tropis yang memukau dengan beragam flora dan fauna. Pemandangan alam yang hijau dan segar akan menemani pendaki sepanjang perjalanan, menciptakan suasana yang menenangkan dan memikat.

Tantangan di Jalur

Meskipun sedikit bonus selama perjalanan, jalur ini menawarkan tantangan tersendiri bagi pendaki. Mereka akan terus menanjak dari Pos 1 hingga mencapai Plawangan Senaru, menguji ketahanan dan semangat mereka selama pendakian.

Wisata Air Terjun

Salah satu daya tarik tambahan dari jalur Senaru adalah keberadaan dua air terjun yang menakjubkan di dekat basecamp. Pendaki yang tiba sehari sebelum pendakian dapat mengunjungi Air Terjun Sendang Gila dan Tiu Kelep untuk menyegarkan diri sebelum memulai petualangan.

Menuju Plawangan Senaru

Plawangan Senaru menjadi tujuan akhir bagi pendaki yang memilih jalur ini. Dari sini, mereka dapat menikmati panorama yang menakjubkan dari ketinggian, serta bersiap untuk melanjutkan perjalanan menuju puncak Rinjani atau menuruni ke Danau Segara Anak.

3. Trekking Rinjani Via Aik Berik, Lombok Tengah

Pendakian melalui jalur Aik Berik di Lombok Tengah menawarkan pengalaman unik di jalur pendakian yang masih baru. Jalur ini terletak di kawasan yang juga menjadi rumah bagi Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu, menambah daya tarik tersendiri bagi para pendaki.

Memahami Jalur Pendakian

Jalur pendakian dimulai dari Aik Berik, sebuah desa yang terletak di tengah-tengah Lombok. Desa ini menjadi titik awal perjalanan bagi pendaki yang memilih jalur ini. Pendakian dimulai dari ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut.

Keunikan Jalur Aik Berik

Salah satu daya tarik utama dari jalur ini adalah keberadaan sumber air yang melimpah. Hal ini membuat pendaki tidak perlu khawatir akan kekurangan pasokan air bersih selama perjalanan. Selain itu, jalur ini menawarkan beragam pemandangan alam yang menakjubkan sepanjang perjalanan.

Pendakian Menuju Pintu Masuk

Dari basecamp di Aik Berik, pendaki menuju pintu masuk jalur pendakian dengan menggunakan ojek karena jaraknya yang cukup jauh. Meskipun demikian, perjalanan ini menawarkan pengalaman yang menarik, dengan pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan.

View Pelawangan yang Menakjubkan

Meskipun jalur ini tidak mencapai puncak Gunung Rinjani, view Pelawangan yang ditawarkan dijamin akan memuaskan hati pendaki. Pemandangan luas dan menakjubkan dari ketinggian memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pendaki.

4. Trekking Rinjani Via Timbanuh, Lombok Timur

Jalur pendakian melalui Timbanuh di Lombok Timur adalah pilihan menarik untuk para petualang yang ingin menikmati keindahan alam serta pesona bunga Edelweis yang mekar. Jalur ini juga menawarkan pemandangan perkebunan yang indah sepanjang perjalanan.

Menyelami Jalur Pendakian

Perjalanan dimulai dari Desa Timbanuh, sebuah desa yang terletak di lereng Gunung Rinjani. Desa ini menjadi titik awal perjalanan bagi pendaki yang memilih jalur ini. Pendakian dimulai dari ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut dan berakhir di Pelawangan Timbanuh, sekitar 2.300 meter di atas permukaan laut.

Keindahan Jalur Timbanuh

Selama perjalanan, pendaki akan melewati perkebunan-perkebunan warga yang indah dan segar. Pemandangan perkebunan yang hijau dan subur akan menyegarkan mata pendaki sepanjang perjalanan.

Pesona Bunga Edelweis

Salah satu daya tarik utama dari jalur ini adalah keberadaan bunga Edelweis yang mekar di sepanjang perjalanan. Pesona bunga yang langka ini menambah keindahan alam di sekitar jalur pendakian.

Pendakian Menuju Pelawangan Timbanuh

Dari basecamp di Desa Timbanuh, pendaki akan melewati perkebunan dan pesona bunga Edelweis sebelum mencapai Pelawangan Timbanuh. Pemandangan indah dari ketinggian akan menjadi hadiah bagi pendaki yang berhasil mencapai pelawangan.

5. Trekking Rinjani Via Torean, Lombok Utara

Rinjani via torean

Jalur pendakian Rinjani via Torean

Pendakian melalui jalur Torean di Lombok Utara adalah pengalaman yang unik, mengikuti jalur tradisional yang telah lama digunakan oleh masyarakat setempat. Jalur ini menawarkan beragam pemandangan alam yang menakjubkan dan merupakan pilihan yang populer di kalangan pendaki.

Menelusuri Jalur Pendakian

Perjalanan dimulai dari Desa Torean, sebuah desa yang terletak di kaki Gunung Rinjani. Desa ini menjadi titik awal perjalanan bagi pendaki yang memilih jalur ini. Pendakian dimulai dari ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut dan berakhir di Plawangan Sembalun, sekitar 2.639 meter di atas permukaan laut.

Keindahan Jalur Torean

Selama perjalanan, pendaki akan melewati pemandangan alam yang beragam, mulai dari hutan hingga padang rumput. Jalur ini juga menawarkan pemandangan Danau Segara Anak yang memukau di bagian bawah Gunung Rinjani.

Tradisi dan Sejarah Jalur Torean

Jalur Torean awalnya merupakan jalur yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk berobat ke Danau Segara Anak. Selain itu, jalur ini juga digunakan untuk melaksanakan Upacara Mulang Pekelem oleh masyarakat Hindu setempat.

Pilihan Turun yang Menarik

Meskipun jalur ini tidak mencapai puncak Gunung Rinjani, banyak pendaki yang memilih jalur ini untuk menikmati pemandangan Danau Segara Anak dan untuk menuruni gunung melalui jalur tradisional yang menarik.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah ada batasan umur untuk mendaki Gunung Rinjani?

Tidak ada batasan umur, tetapi kondisi fisik yang cukup baik sangat diperlukan untuk mendaki Gunung Rinjani.

2. Apakah penting untuk menggunakan jasa trekking organizer resmi?

Ya, menggunakan jasa trekking organizer resmi sangat dianjurkan untuk kenyamanan dan keselamatan selama pendakian.

3. Bagaimana cara mendapatkan kuota pendakian Gunung Rinjani?

Anda dapat mendaftar melalui aplikasi e-rinjani untuk mendapatkan kuota pendakian Gunung Rinjani.

4. Apakah ada persyaratan kesehatan yang harus dipenuhi sebelum mendaki Gunung Rinjani?

Sebelum mendaki, disarankan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dan mempersiapkan diri secara fisik.

5. Apakah diperlukan izin khusus untuk mendaki Gunung Rinjani?

Ya, izin pendakian diperlukan dan dapat diperoleh melalui aplikasi e-rinjani atau melalui trekking organizer resmi.

Kesimpulan

Menjelajahi Gunung Rinjani adalah pengalaman yang memuaskan bagi para pecinta alam dan petualang. Dengan berbagai jalur pendakian yang ditawarkan, setiap pendaki dapat menemukan tantangan dan keindahan yang sesuai dengan preferensi mereka. Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mendaki, termasuk memahami kuota pendakian dan menggunakan jasa trekking organizer resmi untuk kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

5 Hal Yang Harus Disiapkan untuk Survival di Gunung

5 Hal Yang Harus Disiapkan untuk Survival di Gunung

20 June 2023 96x Artikel Trip Murah

5 Hal Yang Harus Disiapkan Untuk Survival di Gunung   Pendakian gunung adalah petualangan yang menarik namun juga memiliki risiko tinggi. Untuk memastikan keselamatan dan kelancaran pendakian, ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum memulai perjalanan. Berikut ini adalah lima hal yang harus dDisiapkanisiapkan untuk survival di gunung. 1... selengkapnya

Pendaki Wanita: 10 Perlengkapan Penting yang Harus Kamu Bawa

1 March 2024 93x tips pendakian

Berpetualang dengan Gaya, Perlengkapan Harus Sejalan! Setiap pendaki wanita harus siap dengan perlengkapan yang tepat untuk memastikan perjalanan mendaki tetap nyaman dan aman. Inilah 10 barang esensial yang harus kamu bawa dalam setiap petualanganmu. 1. Tabir Surya: Lindungi Kulitmu dari Sinar Matahari Sebelum memulai pendakian, jangan lupa untuk melindungi... selengkapnya

Paket Pendakian Gunung Rinjani 2024

Paket Trekking Rinjani 4 Hari 3 Malam Via Sembalun: Petualangan Mendaki yang Tak Terlupakan Menyajikan pengalaman mendaki gunung yang menakjubkan, Paket Trekking Rinjani selama 4 hari 3 malam melalui jalur Sembalun akan membawa Anda menjelajahi keindahan Puncak Rinjani dan Danau Segara Anak. Paket ini tidak hanya diminati oleh para pendaki domestik, tetapi j... selengkapnya

Perusahaan yang telah memakai JASA kami

Testimoni

Ayu Medan

Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah...
5.0
2017-08-23T05:49:55+07:00
Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah berjuang membawa saya sampai puncak. Dan terima kasih juga buat mas deny dan team teman ngetripnya. Next time ketemu lagi yak

Opentrip Karimunjawa

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Abi

5.0
2015-04-08T07:36:21+07:00

Abi

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Trip Bromo

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"

Yoga (jakarta)

4.0
2015-04-08T07:39:06+07:00

Yoga (jakarta)

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"
opentrip bromo

Bromo

temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream

firda habsafitri

5.0
2015-04-10T10:33:41+07:00

firda habsafitri

opentrip bromo
temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream
pendakian kawah ijen indoporcelin

Kawah Ijen

thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)

Dewi

5.0
2015-04-10T10:39:48+07:00

Dewi

pendakian kawah ijen indoporcelin
thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)
4.8
5

Motto Kami

Kami menjunjung tinggi nilai-nilai : Kejujuran, kebersamaan, Kekeluargaan serta Kerjasama team

Base Camp

camp
Informasi paket wisata dan trip
Jln. Mahoni 3 blok D4 No. 8 RT 10 RW 11 Jatisari Lestari, Mijen
Telp / SMS / WA : +6285741936193
Email : [email protected]
Instagram: temanngetrip
Website : www.temanngetrip.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Ada yang bisa Kami bantu? :-)

Kami Online 24/7 Hari Chat sekarang