Hotline 085741936193
Informasi lebih lanjut?
Home » Gunung Argopuro » Jalur Pendakian Gunung Argopuro 2024
Private trip gunung argopuro, open trip gunung argopuro

Gunung Argopuro

Mendaki Gunung Argopuro: Petualangan Menantang di Pulau Jawa

Pendahuluan

Gunung Argopuro, dengan ketinggian mencapai 3.088 mdpl, membanggakan dirinya sebagai gunung dengan jalur pendakian terpanjang di Pulau Jawa. Berlokasi di perbatasan Probolinggo, Situbondo, Jember, dan Bondowoso, gunung ini tidak hanya menjadi tantangan bagi para pendaki tetapi juga menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa.

Akses Pintu Masuk

Gunung Argopuro, dengan kekayaan alamnya, menawarkan dua jalur pendakian utama yang memikat para petualang. Pertama, dari Bermi di Kabupaten Probolinggo, dan kedua, dari Baderan di Kabupaten Situbondo. Kedua jalur ini mengajak pendaki melalui tantangan yang unik dan panorama alam yang berbeda.

1. Jalur Bermi (Probolinggo)

Jalur ini memberikan pengalaman pendakian yang lebih cepat menuju Puncak Argopuro. Meskipun memiliki medan yang lebih terjal, pendaki akan disuguhkan dengan pesona Hutan Hujan yang lebat dan keberagaman flora yang memukau.

2. Jalur Baderan (Situbondo)

Jalur Baderan menawarkan perjalanan yang lebih landai, membuatnya menjadi pilihan utama bagi banyak pendaki. Walaupun memerlukan waktu lebih lama, jalur ini memberikan kesempatan untuk menikmati keindahan Hutan Cemara dan Sabana di Padang Cikasur.

Jalur Pendakian dan Keindahan Alam

Jalur pendakian Gunung Argopuro tidak hanya sekadar tantangan fisik, tetapi juga menyajikan keindahan alam yang tak tergantikan. Setiap langkah pendaki diiringi oleh pemandangan menakjubkan, menciptakan pengalaman mendaki yang luar biasa.

1. Hutan Hujan

Langkah pertama di jalur Bermi membawa pendaki ke dalam pesona Hutan Hujan. Pepohonan rindang dan flora yang beragam menciptakan atmosfer yang menyegarkan.

2. Savana dan Padang Cikasur

Jalur Baderan memperkenalkan pendaki pada Sabana di Padang Cikasur yang luas. Aliran sungai jernih, tanaman selada air, dan panorama alam yang memikat membuat tempat ini sering dijadikan lokasi berkemah yang menyenangkan.

3. Hutan Edelweis dan Danau Taman Hidup

Keberagaman ekosistem terlihat saat pendaki melewati Hutan Edelweis dan mencapai Danau Taman Hidup. Suasana tenang dan segar di danau ini memberikan kesempatan bagi para pendaki untuk bersantai sambil menikmati keindahan sekitar.

Puncak-Puncak Gunung Argopuro

Puncak Rengganis Gunung Argopuro

Puncak Rengganis

Gunung ini memiliki tiga puncak yang berdekatan, yaitu Puncak Arca, Puncak Argapura, dan Puncak Rengganis. Masing-masing puncak menawarkan pemandangan dan ciri khas tersendiri. Puncak Rengganis, misalnya, menawarkan panorama terindah dengan sisa-sisa situs purbakala yang membuatnya begitu istimewa.

Menyelusuri Keindahan Sabana di Padang Cikasur, Gunung Argopuro

Pesona Luas Sabana

Sabana Cikasur

Sabana Cikasur

Padang Cikasur, sebuah sabana yang luas di Gunung Argopuro, menjadi salah satu titik puncak keindahan alam yang menakjubkan. Pemandangan yang terbentang luas dan atmosfer alam yang khas membuat sabana ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki yang menjelajahi gunung ini.

1. Aliran Sungai yang Jernih

Sungai Qolbu Gunung Argopuro

Sungai Qolbu Gunung Argopuro

Keunikan Padang Cikasur terletak pada keberadaan aliran sungai yang membelahnya. Sungai yang mengalir dengan air yang jernih menambah keindahan dan memberikan nuansa yang menyegarkan di tengah padang rumput yang menghijau.

2. Tanaman Selada Air yang Menawan

Sepanjang tepian sungai di Padang Cikasur, tanaman selada air tumbuh subur, menambah keelokan pemandangan. Hijau yang segar dan warna yang mencolok dari tanaman ini memberikan nuansa kehidupan pada sabana yang luas.

3. Spot Berkemah yang Indah

Padang Cikasur sering dijadikan tempat berkemah oleh para pendaki. Keindahan alamnya yang mempesona dan atmosfer yang tenang menciptakan pengalaman berkemah yang unik di tengah sabana yang terbentang luas.

Sejarah Menarik di Bawah Sabana

Selain keindahan alamnya, Padang Cikasur menyimpan sejarah menarik di balik sabananya yang hijau. Sejarah ini memberikan nilai tambah bagi para pendaki yang ingin menjelajahi aspek sejarah Gunung Argopuro.

1. Landasan Pesawat Kolonial Belanda

Dalam sejarahnya, Padang Cikasur pernah menjadi landasan pesawat pada masa kolonial Belanda. Bangunan-bangunan sisa-sisa landasan pesawat tersebut memberikan nuansa sejarah yang kental di tengah sabana yang sekarang tertutup oleh rerumputan.

2. Jejak Perang dan Peninggalan Sejarah

Pendaki yang melewati Padang Cikasur juga dapat menemukan jejak perang dan peninggalan sejarah lainnya. Tempat-tempat ini menjadi saksi bisu dari perjalanan sejarah Gunung Argopuro, memberikan dimensi tambahan pada pengalaman pendakian.

Jalur Pendakian Melalui Sabana

Perjalanan melalui sabana Padang Cikasur dapat dilakukan melalui jalur pendakian dari Baderan. Jalur ini memberikan pandangan yang istimewa karena melewati sabana yang luas, memungkinkan para pendaki untuk merasakan langsung keindahan dan keunikannya.

1. Pemandangan Alam yang Indah

Pendaki akan disuguhi dengan pemandangan alam yang menakjubkan sepanjang perjalanan di sabana. Rumput hijau, tanaman selada air, dan sungai yang mengalir memberikan pemandangan yang tak terlupakan.

2. Kesempatan Bertemu dengan Satwa Endemik

Sabana Padang Cikasur juga menjadi habitat bagi berbagai jenis satwa, termasuk burung merak (green peafowl) yang menjadi daya tarik tersendiri. Kesempatan bertemu dengan satwa-satwa endemik ini menambah keistimewaan jalur pendakian melalui sabana.

Menjelajahi Keindahan Danau Taman Hidup di Gunung Argopuro

Danau Taman Hidup Argopuro

Danau Taman Hidup Argopuro

Keanggunan Danau Taman Hidup

Danau Taman Hidup, sebagai salah satu destinasi utama di Gunung Argopuro, menawarkan pengalaman petualangan yang tak terlupakan. Keindahan dan keanggunan danau ini membuatnya menjadi tempat yang sangat dicari oleh para pendaki yang ingin menikmati pesona alam dalam perjalanan mereka.

1. Dermaga Kayu Tua

Saat pendaki tiba di Danau Taman Hidup, mereka akan disambut oleh keelokan dermaga kayu tua yang melengkung indah di atas air. Dermaga ini bukan hanya sebagai tempat berlabuh, tetapi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para petualang yang ingin menikmati pemandangan danau dari sudut yang berbeda.

2. Udara Segar dan Suasana Berkabut

Pendakian melalui Jalur Bremi menuju Danau Taman Hidup memberikan kesempatan untuk merasakan udara segar yang mengalir lembut di sekitar danau. Suasana berkabut, terutama saat kabut turun, menciptakan panorama yang magis dan memikat hati.

3. Ketenangan dan Keasrian

Danau Taman Hidup tidak hanya memukau dari segi keindahan visual, tetapi juga menawarkan suasana yang tenang dan asri. Suara gemericik air dan hembusan angin lembut menciptakan ruang untuk pendaki merilekskan diri dan merasakan kedamaian alam.

4. Manfaat sebagai Sumber Logistik

Kejernihan air Danau Taman Hidup tidak hanya menyajikan pemandangan yang indah, tetapi juga memberikan manfaat praktis. Airnya yang jernih dan bersih dapat dimanfaatkan sebagai sumber logistik, terutama untuk kebutuhan air minum selama perjalanan pendakian.

Pendakian Melalui Jalur Bremi

Untuk menikmati keindahan Danau Taman Hidup, pendaki dapat memilih jalur pendakian melalui Jalur Bremi. Perjalanan melalui jalur ini tidak hanya memberikan akses ke danau yang memukau, tetapi juga membuka peluang untuk mengeksplorasi keelokan alam sekitarnya.

1. Udara Segar dan Pemandangan Memukau

Perjalanan melalui Jalur Bremi akan membawa pendaki melewati hutan yang rimbun dan udara segar yang menyegarkan. Pemandangan sepanjang perjalanan mencakup keindahan alam sekitar, memberikan pengalaman pendakian yang penuh dengan keajaiban.

2. Kesempatan untuk Berkemah

Danau Taman Hidup juga memberikan peluang bagi pendaki untuk berkemah di sekitarnya. Keberadaan dermaga kayu tua menjadi tempat ideal untuk mendirikan tenda, menciptakan pengalaman berkemah yang tak terlupakan di tengah keindahan alam yang alami.

3. Pilihan Alternatif untuk Beristirahat

Bagi pendaki yang ingin beristirahat sejenak dan menikmati keindahan Danau Taman Hidup, area sekitar danau juga menyediakan spot-spot yang nyaman untuk duduk atau berbaring sambil menikmati keindahan alam di sekitar.

Akses Pendakian

Dengan trek pendakian sepanjang 40 km, Gunung Argopuro menawarkan dua jalur pendakian populer: jalur Bremi di Kabupaten Probolinggo dan jalur Baderan di Kabupaten Situbondo. Jalur Baderan sering dipilih karena lebih landai, meski memerlukan waktu lebih lama.

Basecamp dan Fasilitas Pendukung

Basecamp Gunung Argopuro, terletak di Desa Baderan, telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk mendukung para pendaki. Di tempat ini, pendaki dapat melakukan pendaftaran, mendapatkan informasi terkini, serta beristirahat sebelum memulai pendakian.

1. Pendaftaran dan Informasi

Basecamp menyediakan fasilitas pendaftaran, memudahkan pendaki untuk mengurus izin pendakian. Informasi terkini mengenai kondisi jalur dan cuaca juga dapat diperoleh di sini, membantu pendaki untuk mempersiapkan perjalanan dengan baik.

2. Tempat Beristirahat

Sebagai titik awal pendakian, basecamp memberikan tempat beristirahat yang nyaman. Pendaki dapat melepaskan lelah, mengatur peralatan, dan bersiap-siap menjelang perjalanan yang menantang.

Biaya dan Jam Operasional

Pendakian ke Gunung Argopuro tidak terlepas dari biaya tiket masuk dan jam operasional. Pendaftaran dilakukan di basecamp, dan tarif berlaku untuk pendaki lokal maupun mancanegara.

1. Tarif Tiket Masuk

  • Pendaki Lokal: Rp20.000 (Senin – Jumat), Rp30.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional).
  • Pendaki Mancanegara: Rp250.000 (Senin – Jumat), Rp375.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional).

2. Jam Operasional

Basecamp Gunung Argopuro beroperasi sesuai dengan jam operasional tertentu. Calon pendaki sebaiknya memperhatikan jadwal agar dapat melaksanakan pendaftaran dan persiapan dengan tepat waktu.

Kesimpulan

Gunung Argopuro bukan hanya destinasi pendakian yang menantang, tetapi juga menyuguhkan keajaiban alam yang memukau. Dengan jalur pendakian terpanjang di Pulau Jawa dan keindahan alam yang beragam, Gunung Argopuro layak dijelajahi oleh para pencinta petualangan. Jadi, apakah Anda tertarik untuk melakukan Pendakian Gunung Argopuro bersama kami? Hubungi kami hari ini untuk konsultasi gratis

FAQ

1. Apakah ada rute alternatif untuk mendaki Gunung Argopuro?

Ya, selain jalur Bremi dan Baderan, terdapat rute-rute alternatif yang dapat dijelajahi untuk mendaki Gunung Argopuro.

2. Bagaimana kondisi cuaca di Gunung Argopuro?

Cuaca di Gunung Argopuro dapat bervariasi, mulai dari udara segar dengan kabut tipis hingga kondisi hujan di beberapa area tertentu. Sebaiknya, pantau perkiraan cuaca sebelum melakukan pendakian.

3. Apakah diperlukan izin khusus untuk mendaki Gunung Argopuro?

Ya, setiap pendaki diwajibkan untuk mendapatkan izin dari pihak berwenang sebelum memulai pendakian. Pastikan untuk memeriksa persyaratan izin sebelumnya.

4. Bisakah saya berkemah di sepanjang jalur pendakian?

Tentu saja, banyak pendaki yang memilih untuk berkemah di sepanjang jalur pendakian. Namun, pastikan untuk mematuhi aturan dan etika berkemah yang berlaku di Gunung Argopuro.

5. Apakah ada sumber air yang dapat diandalkan selama pendakian?

Iya, terutama jalur pendakian dari Baderan. Namun, disarankan untuk membawa cukup persediaan air untuk memastikan kebutuhan logistik selama perjalanan.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Paket Wisata di Bali 2023

Paket Wisata di Bali 2023

18 June 2023 160x wisata bali

Jika kalian sedang mencari referensi itinerary wisata di Bali, berikut adalah contoh paket wisata di Bali yang sering dikunjungi wisatawan: Paket Wisata 4 Hari 3 Malam di Bali: Hari Pertama: – Penjemputan di Bandara Ngurah Rai – Mengunjungi Pura Tanah Lot – Menikmati Sunset di Pantai Batu Bolong – Check-in di hotel Hari Kedua: –... selengkapnya

Komodo Island Flores for 3 Days

Komodo Island Flores for 3 Days

17 June 2023 125x Komodo Island

Trip Itinerary: Komodo Island Flores for 3 Days Rizknas / Unsplash Fajruddin Mudzakkir / Unsplash Purpose: Personalized trip for snorkeling, island hopping, sunbathing, and suitable for families, kids, and corporate groups. Travel Duration: 3 days Transportation: – Flights to Labuan Bajo from Bali or Jakarta are available to reach Komodo Island Flores.... selengkapnya

belerang kawah ijen

Kawah Ijen dan Keajaiban Blue Fire yang Memesona

7 June 2023 197x Trip Kawah Ijen

Kawah Ijen dan Keajaiban Blue Fire yang Memesona Indonesia dikenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa. Salah satu keajaiban alam yang menakjubkan yang dimiliki oleh Indonesia adalah Kawah Ijen, yang terletak di Jawa Timur. Kawah Ijen adalah tujuan wisata yang sangat populer di kalangan para pelancong, terutama karena fenomena alam yang luar biasa yang d... selengkapnya

Perusahaan yang telah memakai JASA kami

Testimoni

Ayu Medan

Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah...
5.0
2017-08-23T05:49:55+07:00
Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah berjuang membawa saya sampai puncak. Dan terima kasih juga buat mas deny dan team teman ngetripnya. Next time ketemu lagi yak

Opentrip Karimunjawa

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Abi

5.0
2015-04-08T07:36:21+07:00

Abi

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Trip Bromo

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"

Yoga (jakarta)

4.0
2015-04-08T07:39:06+07:00

Yoga (jakarta)

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"
opentrip bromo

Bromo

temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream

firda habsafitri

5.0
2015-04-10T10:33:41+07:00

firda habsafitri

opentrip bromo
temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream
pendakian kawah ijen indoporcelin

Kawah Ijen

thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)

Dewi

5.0
2015-04-10T10:39:48+07:00

Dewi

pendakian kawah ijen indoporcelin
thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)
4.8
5

Motto Kami

Kami menjunjung tinggi nilai-nilai : Kejujuran, kebersamaan, Kekeluargaan serta Kerjasama team

Base Camp

camp
Informasi paket wisata dan trip
Jln. Mahoni 3 blok D4 No. 8 RT 10 RW 11 Jatisari Lestari, Mijen
Telp / SMS / WA : +6285741936193
Email : [email protected]
Instagram: temanngetrip
Website : www.temanngetrip.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Ada yang bisa Kami bantu? :-)

Kami Online 24/7 Hari Chat sekarang