Hotline 085741936193
Informasi lebih lanjut?
Home » Artikel Trip Murah » Kuliner Khas Kota Semarang: Menikmati Kelezatan Jawa Tengah

Kuliner Khas Kota Semarang: Menikmati Kelezatan Jawa Tengah

Kota Semarang, ibu kota provinsi Jawa Tengah, adalah tempat yang kaya akan budaya dan sejarah. Selain itu, kota ini juga terkenal dengan ragam kuliner lezat yang menggugah selera. Dengan perpaduan cita rasa tradisional Jawa dan pengaruh Tionghoa yang kuat, kuliner khas Semarang menawarkan pengalaman gastronomi yang tak terlupakan. Berikut adalah beberapa kuliner khas yang harus dicoba saat berkunjung ke Kota Semarang.

  1. Lumpia Semarang adalah hidangan yang sangat terkenal di kota ini. Lumpia ini berbeda dengan lumpia Tionghoa pada umumnya. Isiannya terdiri dari rebung, telur ayam, udang, daging ayam cincang, dan sayuran yang dibungkus dengan kulit lumpia tipis. Kemudian, lumpia digoreng hingga berwarna keemasan dan disajikan dengan saus manis yang gurih. Kelezatan Lumpia Semarang telah menarik banyak penggemar kuliner dari dalam dan luar kota.
  2. Nasi Gandul adalah hidangan nasi khas Jawa Tengah yang populer di Semarang. Nasi ini dimasak dengan santan kental dan rempah-rempah, seperti serai, lengkuas, dan daun salam, yang memberikan aroma dan rasa yang khas. Nasi Gandul biasanya disajikan dengan ayam suwir, telur pindang, dan sambal khas Semarang yang pedas. Rasanya yang lezat dan kuah santannya yang gurih membuat Nasi Gandul menjadi favorit bagi banyak orang.
  3. Tahu Gimbal adalah makanan ringan yang terkenal di Semarang. Terdiri dari tahu goreng yang digoreng renyah dan diberi topping seperti taoge, kol, mentimun, telur, dan tahu isi. Selain itu, Tahu Gimbal disajikan dengan saus kacang yang lezat dan bumbu khas Semarang yang memberikan sentuhan rasa yang berbeda. Rasanya yang segar dan tekstur yang renyah menjadikan Tahu Gimbal sebagai hidangan yang tak boleh dilewatkan.
  4. Wingko Babat adalah jajanan tradisional yang terkenal di Semarang. Terbuat dari kelapa parut, gula merah, dan ketan yang dikukus, Wingko Babat memiliki rasa manis yang khas. Tekstur kenyal dan aroma wangi kelapa membuatnya menjadi camilan yang cocok untuk dinikmati di sore hari. Wingko Babat juga menjadi oleh-oleh khas Semarang yang populer.
  5. Bandeng Presto adalah hidangan ikan bandeng yang dimasak dengan metode presto. Ikan bandeng dipresto atau dimasak dengan tekanan tinggi selama beberapa jam, sehingga dagingnya menjadi empuk dan tulangnya lunak. Bandeng Presto biasanya disajikan dengan nasi putih, sambal, dan lalapan. Rasanya yang lezat dan cara penyajiannya yang unik membuat Bandeng Presto menjadi kuliner yang banyak dicari oleh wisatawan.
  6. Soto Bangkong adalah hidangan soto khas Semarang yang memiliki rasa dan aroma yang khas. Soto ini terkenal karena kuah kaldu ayam yang gurih dan berlimpah, serta bumbu rempah yang lezat. Biasanya, Soto Bangkong disajikan dengan daging ayam suwir, irisan tomat, daun bawang, dan kerupuk sebagai pelengkap. Rasanya yang nikmat dan tekstur daging ayam yang lembut menjadikan Soto Bangkong sebagai hidangan yang sangat disukai oleh penduduk setempat dan pengunjung.
  1. Tahu Pong adalah kuliner khas Semarang yang terbuat dari adonan tepung terigu yang digoreng hingga berwarna kecokelatan dan berongga. Tahu pong memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus kacang yang gurih dan bumbu tambahan seperti irisan mentimun, daun selada, dan bawang goreng. Tahu Pong menjadi camilan yang populer di Semarang dan sering dijadikan sebagai teman makan nasi atau sebagai hidangan pembuka.
  2. Mie Kopyok adalah hidangan mie khas Semarang yang terkenal dengan kuah kopyoknya yang khas. Mie Kopyok terbuat dari mie kuning yang direbus dan disajikan dengan kuah kopyok yang terbuat dari bumbu rempah khas Jawa Tengah. Biasanya, hidangan ini juga dilengkapi dengan daging ayam, tauge, pangsit, dan irisan daun bawang sebagai pelengkap. Kuah kopyok yang kaya rasa dan mie yang kenyal menjadikan Mie Kopyok sebagai hidangan yang sangat menggugah selera.

Jadi, saat berkunjung ke Semarang, jangan lupa mencicipi kuliner-kuliner khas yang menarik ini untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Selamat menikmati!

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Open Trip: Mengenal Konsep dan Manfaatnya

Open Trip: Mengenal Konsep dan Manfaatnya

1 June 2023 293x open trip

Apa Itu Open Trip: Mengenal Konsep dan Manfaatnya Pada zaman sekarang, semakin banyak orang yang berminat untuk menjelajahi destinasi wisata baru. Namun, terkadang perencanaan dan biaya yang terkait dengan perjalanan individu bisa menjadi hambatan bagi beberapa orang. Inilah mengapa konsep “open trip” menjadi semakin populer. Open trip adalah car... selengkapnya

tengger

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

8 July 2015 259x wisata gunung

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki tipe ekosistem sub-montana, montana dan sub-alphin dengan pohon-pohon yang besar dan berusia ratusan tahun. Beberapa jenis tumbuhan yang terdapat di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru antara lain jamuju (Dacrycarpus imbricatus), cemara gunung (Casuarina sp.), eidelweis (Anaphalis javanica), berbagai jenis anggrek... selengkapnya

belerang kawah ijen

Kawah Ijen dan Keajaiban Blue Fire yang Memesona

7 June 2023 178x Trip Kawah Ijen

Kawah Ijen dan Keajaiban Blue Fire yang Memesona Indonesia dikenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa. Salah satu keajaiban alam yang menakjubkan yang dimiliki oleh Indonesia adalah Kawah Ijen, yang terletak di Jawa Timur. Kawah Ijen adalah tujuan wisata yang sangat populer di kalangan para pelancong, terutama karena fenomena alam yang luar biasa yang d... selengkapnya

Perusahaan yang telah memakai JASA kami

Testimoni

Ayu Medan

Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah...
5.0
2017-08-23T05:49:55+07:00
Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah berjuang membawa saya sampai puncak. Dan terima kasih juga buat mas deny dan team teman ngetripnya. Next time ketemu lagi yak

Opentrip Karimunjawa

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Abi

5.0
2015-04-08T07:36:21+07:00

Abi

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Trip Bromo

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"

Yoga (jakarta)

4.0
2015-04-08T07:39:06+07:00

Yoga (jakarta)

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"
opentrip bromo

Bromo

temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream

firda habsafitri

5.0
2015-04-10T10:33:41+07:00

firda habsafitri

opentrip bromo
temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream
pendakian kawah ijen indoporcelin

Kawah Ijen

thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)

Dewi

5.0
2015-04-10T10:39:48+07:00

Dewi

pendakian kawah ijen indoporcelin
thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)
4.8
5

Motto Kami

Kami menjunjung tinggi nilai-nilai : Kejujuran, kebersamaan, Kekeluargaan serta Kerjasama team

Base Camp

camp
Informasi paket wisata dan trip
Jln. Mahoni 3 blok D4 No. 8 RT 10 RW 11 Jatisari Lestari, Mijen
Telp / SMS / WA : +6285741936193
Email : [email protected]
Instagram: temanngetrip
Website : www.temanngetrip.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Ada yang bisa Kami bantu? :-)

Kami Online 24/7 Hari Chat sekarang