Hotline 085741936193
Informasi lebih lanjut?
Home » gunung rinjani » Rute Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun 2023

Menaklukkan Gunung Rinjani via Sembalun: Petualangan Epik di Puncak Lombok

Pendahuluan: Gunung Rinjani, yang terletak di Pulau Lombok, Indonesia, adalah salah satu gunung paling menakjubkan dan menantang di Asia Tenggara. Dengan ketinggian 3.726 meter, pendakian Gunung Rinjani via Sembalun telah menjadi tujuan yang populer bagi para pecinta alam dan pendaki yang mencari petualangan tak terlupakan. Dalam artikel ini, kami akan menggambarkan rute pendakian via Sembalun yang lengkap, memberikan panduan langkah demi langkah, dan mengungkap keindahan alam yang menunggu di puncak Gunung Rinjani.

Rute Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun:

  1. Hari Pertama: Desa Sembalun – Pos 1 (Pemantauan) Pendakian dimulai dari Desa Sembalun, sebuah desa di Lombok Timur. Setelah registrasi di pos pendakian, perjalanan dimulai dengan trek melalui dataran tinggi yang indah dengan pemandangan hamparan padang rumput yang hijau. Rute ini akan membawa Anda melewati Pos 1 (Pemantauan), di mana Anda dapat beristirahat dan menikmati pemandangan sebelum melanjutkan pendakian ke Pos 2.
  2. Hari Pertama: Pos 1 (Pemantauan) – Pos 2 (Tengengean) Setelah melewati Pos 1, pendakian dilanjutkan ke Pos 2, yang dikenal sebagai Pos Tengengean. Rute ini melibatkan pendakian yang sedikit lebih curam dan melewati hutan montane yang lebat. Di Pos 2, Anda akan menghabiskan malam pertama dan mempersiapkan diri untuk hari pendakian berikutnya.
  3. Hari Kedua: Pos 2 (Tengengean) – Pos 3 (Pada Balong) Hari kedua adalah hari yang menantang. Setelah meninggalkan Pos 2, Anda akan melanjutkan pendakian menuju Pos 3, yang terletak di Pada Balong. Rute ini melibatkan pendakian yang lebih curam dan menantang, dengan beberapa medan berbatu dan kemiringan yang curam. Selama perjalanan, Anda akan melewati hutan rindang dan berbagai pemandangan indah. Di Pos 3, Anda akan menikmati matahari terbenam yang menakjubkan sebelum beristirahat untuk persiapan puncak di pagi hari berikutnya.
  4. Hari Ketiga: Pos 3 (Pada Balong) – Puncak Gunung Rinjani – Desa Sembalun Pada hari ketiga, awal pagi hari, Anda akan mulai pendakian terakhir menuju puncak Gunung Rinjani. Rute ini adalah pendakian yang paling menantang, melibatkan tanjakan yang curam dan medan yang berbatu. Namun, setelah melalui perjuangan yang menantang, Anda akan tiba di puncak dan dihadapkan dengan pemandangan yang luar biasa dari danau kawah, Gunung Baru Jari, dan pulau-pulau sekitarnya. Setelah menikmati puncak selama beberapa saat, Anda akan turun kembali ke Pos 3 untuk istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan turun ke Desa Sembalun. Perjalanan turun akan melalui rute yang sama seperti saat naik, tetapi dengan pengalaman yang berbeda karena Anda dapat menikmati pemandangan yang berbeda dan mengenang keberhasilan Anda dalam menaklukkan Gunung Rinjani.
  1. Persiapan dan Tips Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun: Sebelum memulai pendakian Gunung Rinjani via Sembalun, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam perjalanan tersebut:
  • Fisik dan Kesehatan: Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun adalah pendakian yang menantang dan membutuhkan tingkat kebugaran yang baik. Persiapkan diri secara fisik dengan melakukan latihan kebugaran seperti berlari, hiking, atau bersepeda gunung. Konsultasikan juga dengan dokter Anda untuk memastikan kesehatan Anda sebelum melakukan pendakian.
  • Perlengkapan: Pastikan Anda membawa perlengkapan yang sesuai dan cukup untuk perjalanan. Beberapa barang penting termasuk tenda, sleeping bag, matras, pakaian hangat, mantel hujan, sepatu hiking yang nyaman, senter, perlengkapan masak, air minum, dan makanan ringan.
  • Pemandu dan Porter: Disarankan untuk menggunakan jasa pemandu dan porter yang berpengalaman. Mereka tidak hanya akan membantu memandu Anda selama pendakian, tetapi juga membantu membawa barang-barang berat. Hal ini akan membantu mengurangi beban Anda dan memberikan pengalaman yang lebih nyaman.
  • Air Minum: Pastikan Anda membawa cukup pasokan air minum selama pendakian. Air yang tersedia di Gunung Rinjani mungkin tidak aman untuk diminum, jadi sebaiknya bawa air minum yang sudah steril atau bawa alat penjernih air.
  • Kebersihan Lingkungan: Gunung Rinjani adalah salah satu kawasan yang dilindungi, jadi penting untuk menjaga kebersihan lingkungan selama pendakian. Bawa kantong sampah dan pastikan Anda membawa kembali semua sampah Anda hingga turun dari gunung.
  • Keamanan: Selalu ikuti instruksi dari pemandu dan petugas gunung. Jika kondisi cuaca buruk atau terjadi perubahan mendadak, patuhi perintah evakuasi yang diberikan. Jangan mencoba melakukan pendakian sendiri tanpa pengawasan yang tepat.

Kesimpulan: Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun adalah petualangan yang menantang dan menakjubkan. Dengan persiapan yang baik dan mematuhi aturan keselamatan, Anda akan dapat menikmati keindahan alam yang spektakuler dan mencapai puncak dengan sukses. Jangan lupa untuk menikmati setiap momen dan pengalaman selama pendakian, serta menjaga kebersihan lingkungan gunung. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam merencanakan pendakian Gunung Rinjani via Sembalun dan menciptakan petualangan yang tak terlupakan di salah satu gunung terindah di Indonesia. Selamat mendaki!

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

pendakian gunung rinjani

Panduan Lengkap Pendakian Gunung Rinjani

Pendahuluan Pengenalan Gunung Rinjani Mengapa Gunung Rinjani Menarik untuk Didaki Sejarah dan Mitos Gunung Rinjani Sejarah Gunung Rinjani Mitos dan Legenda di Sekitar Gunung Rinjani Persiapan Pendakian Perlengkapan yang Diperlukan Latihan Fisik dan Mental Rute Pendakian Rute Sembalun Rute Senaru Rute Torean Rute Aik Berik Panduan Pendakian via Sembalun Deskr... selengkapnya

GUNUNG SLAMET

Paket Pendakian Gunung Slamet Tektok

14 May 2024 39x gunung slamet

Kami menyediakan paket one day trip pendakian Gunung Slamet atau Tektok Pendakian Gunung Slamet 1 hari dengan pemandangan matahari terbit tanpa memerlukan kuota minimal. Kami menjamin keamanan dan kenyamanan Anda dengan didampingi oleh guide berpengalaman dan warga lokal yang sudah sangat mengenal medan jalur pendakian Gunung Slamet. Berikut ini adalah rinci... selengkapnya

tripdiengmurah

Trip Murah Dieng

13 November 2014 161x Artikel Trip Murah

Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng adalah kawasan vulkanik aktif dan dapat dikatakan merupakan gunung api raksasa dengan beberapa kepundan kawah. Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di a... selengkapnya

Perusahaan yang telah memakai JASA kami

Testimoni

Ayu Medan

Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah...
5.0
2017-08-23T05:49:55+07:00
Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah berjuang membawa saya sampai puncak. Dan terima kasih juga buat mas deny dan team teman ngetripnya. Next time ketemu lagi yak

Opentrip Karimunjawa

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Abi

5.0
2015-04-08T07:36:21+07:00

Abi

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Trip Bromo

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"

Yoga (jakarta)

4.0
2015-04-08T07:39:06+07:00

Yoga (jakarta)

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"
opentrip bromo

Bromo

temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream

firda habsafitri

5.0
2015-04-10T10:33:41+07:00

firda habsafitri

opentrip bromo
temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream
pendakian kawah ijen indoporcelin

Kawah Ijen

thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)

Dewi

5.0
2015-04-10T10:39:48+07:00

Dewi

pendakian kawah ijen indoporcelin
thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)
4.8
5

Motto Kami

Kami menjunjung tinggi nilai-nilai : Kejujuran, kebersamaan, Kekeluargaan serta Kerjasama team

Base Camp

camp
Informasi paket wisata dan trip
Jln. Mahoni 3 blok D4 No. 8 RT 10 RW 11 Jatisari Lestari, Mijen
Telp / SMS / WA : +6285741936193
Email : [email protected]
Instagram: temanngetrip
Website : www.temanngetrip.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Ada yang bisa Kami bantu? :-)

Kami Online 24/7 Hari Chat sekarang