Hotline 085741936193
Informasi lebih lanjut?
Home » Opentrip Bromo » Taman Nasional Bromo Tengger Semeru: Keajaiban Alam di Timur Jawa

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru: Keajaiban Alam di Timur Jawa

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah salah satu destinasi wisata alam yang paling menakjubkan di Indonesia. Terletak di Provinsi Jawa Timur, taman nasional ini terdiri dari sejumlah gunung berapi yang masih aktif, termasuk Gunung Bromo, Gunung Semeru, dan Gunung Batok. Keindahan alam yang luar biasa dan lanskap yang dramatis menjadikan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sebagai tujuan favorit bagi para pendaki dan pecinta alam.

Taman nasional ini meliputi wilayah seluas sekitar 800 kilometer persegi dan dikelola oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di dalamnya terdapat sejumlah objek wisata yang menarik, seperti Kawah Bromo, Laut Pasir, Padang Savana, dan Air Terjun Madakaripura.

Salah satu daya tarik utama taman nasional ini adalah Gunung Bromo. Dengan ketinggian sekitar 2.300 meter di atas permukaan laut, Gunung Bromo memberikan pemandangan yang memukau. Para pengunjung dapat naik ke puncak gunung untuk menyaksikan matahari terbit yang spektakuler. Saat matahari muncul dari balik cakrawala, cahayanya yang hangat menyinari lanskap gurun pasir dan gunung-gunung di sekitarnya, menciptakan pemandangan yang tak terlupakan.

Selain Gunung Bromo, Gunung Semeru juga merupakan daya tarik utama di taman nasional ini. Dengan ketinggian mencapai 3.676 meter, Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini terkenal dengan kegiatan vulkaniknya yang aktif dan kerap mengeluarkan asap dan abu vulkanik. Bagi para pendaki yang berpengalaman, mendaki Gunung Semeru adalah pengalaman yang menantang dan mengesankan.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan di sekitar Laut Pasir. Laut Pasir adalah sebuah padang gurun yang luas, yang terbentuk akibat letusan Gunung Bromo. Hamparan pasir putih yang terbentang luas di antara gunung-gunung menciptakan pemandangan yang eksotis dan kontras. Para pengunjung dapat menjelajahi Laut Pasir dengan berjalan kaki atau menyewa kuda.

Selain itu, terdapat juga Padang Savana yang terletak di kawasan taman nasional ini. Padang Savana menawarkan pemandangan hijau yang luas dengan hamparan rumput dan vegetasi yang indah. Pemandangan ini menjadi tempat yang sempurna untuk berfoto dan menikmati keindahan alam sekitarnya.

Air Terjun Madakaripura juga merupakan objek wisata yang populer di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 200 meter ini dianggap sebagai salah satu air terjun terindah

di Indonesia. Dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang curam dan hutan hijau, Air Terjun Madakaripura menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan pengalaman yang menenangkan.

Tidak hanya itu, keanekaragaman hayati di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga sangat menarik. Taman nasional ini merupakan rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna yang langka dan dilindungi. Beberapa spesies langka yang bisa ditemukan di sini adalah banteng Jawa, lutung Jawa, dan jalak bali.

Bagi para pendaki dan pecinta alam, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan surga yang tak terlupakan. Tapi, jangan lupa bahwa penting untuk menjaga kelestarian alam dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku di taman nasional ini. Semoga dengan upaya pelestarian yang berkelanjutan, keindahan dan keajaiban alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Selain menjadi tujuan wisata alam yang menakjubkan, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang kaya. Masyarakat suku Tengger merupakan penduduk asli yang mendiami daerah sekitar taman nasional ini. Mereka memiliki kehidupan yang unik dan tradisi yang kental.

Salah satu tradisi yang terkenal di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah upacara Kasada. Setiap tahun pada bulan purnama di bulan ke-12 penanggalan Jawa, suku Tengger mengadakan upacara untuk memberikan persembahan kepada dewa-dewa gunung. Para penduduk setempat mendaki Gunung Bromo untuk melemparkan sesaji dan memberikan penghormatan kepada leluhur mereka. Upacara Kasada ini menarik minat banyak wisatawan yang ingin menyaksikan kegiatan keagamaan yang unik dan penuh makna ini.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga merupakan tempat yang populer bagi para pendaki gunung. Gunung Semeru, yang merupakan puncak tertinggi di Jawa, menjadi tantangan bagi para pendaki yang ingin merasakan petualangan mendaki gunung yang menantang. Para pendaki harus menghadapi medan yang terjal dan cuaca yang tidak menentu. Namun, setiap upaya yang dijalani terbayar dengan pemandangan yang memukau dan kepuasan yang mendalam saat mencapai puncak Gunung Semeru.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga menyediakan berbagai fasilitas untuk para wisatawan, termasuk penginapan, restoran, dan area parkir. Ada pula banyak agen wisata yang menyediakan paket perjalanan untuk menjelajahi taman nasional ini, baik itu untuk hiking, menjelajahi Laut Pasir, atau menikmati pemandangan matahari terbit di Gunung Bromo.

Penting untuk diingat bahwa saat mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, kita perlu menghormati lingkungan dan budaya setempat. Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mengikuti aturan yang berlaku. Hindari merusak flora dan fauna serta situs-situs budaya yang ada di dalam taman nasional ini.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah tempat yang menakjubkan yang menawarkan keindahan alam yang spektakuler, keanekaragaman hayati yang luar biasa, serta nilai sejarah dan budaya yang kaya. Jika Anda mencari petualangan alam yang tak terlupakan di Jawa Timur, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi taman nasional ini.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

pendakian semeru mei 2016

PENGUMUMAN PEMBUKAAN PENDAKIAN G SEMERU

22 April 2017 168x Opentrip Gunung Semeru

Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl dengan suhu udara di puncak antara 0-4°C, suhu udara rata-rata 3-8°C pada malam hari dan dini hari sedangkan pada siang hari 15-21°C. Selama Tahun 2017 jalur pendakian ditutup dalam rangka pemulihan ekosistem pada tanggal 4 Januari hingga 4 April 2017. Sebelum pembukaan pendakian pada tanggal 5 April 2017, dila... selengkapnya

Menembus batas...Istilah yg pas...dgn usia kepala 4...temanngetrip mampu berikan suport...thank's for crew of temanngetrip (Mas Sandy, Mas Anas, Mas Andika n Mas Gun)...Gaass pol...

Naik Gunung Bisa Bermanfaat Bagi Kesehatan Jiwa Lho!

4 April 2017 158x wisata gunung

Hobi naik gunung? Jangan sekadar untuk berkemah, jalan-jalan atau menikmati suasana alam. Pakar menyebut manfaat naik gunung sangat besar bagi kesehatan jiwa. Khalila Archer dari Inward Bound Mindfulness Education, mengatakan naik gunung memiliki manfaat seperti meditasi bagi kesehatan. Naik gunung memberikan pengalaman baru dan membuat seseorang memahami ba... selengkapnya

Savana Baluran

Taman Nasional Baluran

8 July 2015 158x Blog, Taman Baluran, wisata gunung

Taman Nasional Baluran Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di Pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Sekitar 40 persen tipe vegetasi savana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran. ... selengkapnya

Perusahaan yang telah memakai JASA kami

Testimoni

Ayu Medan

Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah...
5.0
2017-08-23T05:49:55+07:00
Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah berjuang membawa saya sampai puncak. Dan terima kasih juga buat mas deny dan team teman ngetripnya. Next time ketemu lagi yak

Opentrip Karimunjawa

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Abi

5.0
2015-04-08T07:36:21+07:00

Abi

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Trip Bromo

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"

Yoga (jakarta)

4.0
2015-04-08T07:39:06+07:00

Yoga (jakarta)

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"
opentrip bromo

Bromo

temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream

firda habsafitri

5.0
2015-04-10T10:33:41+07:00

firda habsafitri

opentrip bromo
temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream
pendakian kawah ijen indoporcelin

Kawah Ijen

thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)

Dewi

5.0
2015-04-10T10:39:48+07:00

Dewi

pendakian kawah ijen indoporcelin
thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)
4.8
5

Motto Kami

Kami menjunjung tinggi nilai-nilai : Kejujuran, kebersamaan, Kekeluargaan serta Kerjasama team

Base Camp

camp
Informasi paket wisata dan trip
Jln. Mahoni 3 blok D4 No. 8 RT 10 RW 11 Jatisari Lestari, Mijen
Telp / SMS / WA : +6285741936193
Email : [email protected]
Instagram: temanngetrip
Website : www.temanngetrip.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Ada yang bisa Kami bantu? :-)

Kami Online 24/7 Hari Chat sekarang