Hotline 085741936193
Informasi lebih lanjut?
Home » guide gunung » Tarif Guide dan Porter Gunung di Jawa Tengah

Mendaki gunung merupakan kegiatan petualangan yang menarik, dan memiliki sejumlah peran yang mendukung kelancaran perjalanan. Dua peran penting dalam dunia mendaki gunung adalah guide dan porter. Meskipun keduanya bekerja dalam konteks perjalanan gunung, tugas dan tanggung jawab mereka sangat berbeda. Sebelum kita bahas berapa tarif guide dan porter gunung di Jawa Tengah, mari kita bahas perbedaan tugas dan tanggung jawab antara guide dan porter

Guide Pendakian Gunung

Pendakian gunung adalah petualangan mendebarkan yang membutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan keberanian. Dalam setiap ekspedisi, peran seorang guide gunung sangat krusial untuk memastikan keselamatan, keberlanjutan, dan pengalaman yang memuaskan bagi para pendaki. Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab seorang guide gunung:

**1. Pengetahuan Mendalam tentang Gunung:**
Seorang guide gunung harus memiliki pengetahuan mendalam tentang rute pendakian, karakteristik gunung, dan kondisi cuaca di lokasi tersebut. Pengetahuan ini tidak hanya mencakup aspek geografi dan geologi, tetapi juga jalur alternatif yang mungkin diperlukan dalam situasi darurat.

**2. Navigasi yang Akurat:**
Guide gunung bertanggung jawab untuk memimpin tim dengan aman melalui jalur pendakian. Kemampuan navigasi yang akurat sangat penting untuk menghindari rute yang sulit atau berbahaya. Mereka harus dapat membaca peta, menggunakan alat navigasi, dan memimpin tim dengan percaya diri bahkan di medan yang sulit.

**3. Keterampilan Teknis Pendakian:**
Seorang guide gunung harus memiliki keterampilan teknis pendakian yang tinggi, terutama jika rute melibatkan bagian-bagian teknis seperti dinding tebing atau peralatan pendakian khusus. Mereka harus mampu memberikan bimbingan dan bantuan kepada para pendaki dalam mengatasi rintangan teknis.

**4. Keselamatan Tim:**
Keselamatan tim selalu menjadi prioritas utama bagi seorang guide gunung. Mereka harus dapat mengidentifikasi risiko potensial, memberikan petunjuk keamanan, dan mengambil keputusan yang tepat dalam situasi darurat. Keterampilan pertolongan pertama dan penanganan bencana alam adalah keahlian yang sangat penting.

**5. Komunikasi Efektif:**
Guide gunung harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk memberikan petunjuk dengan jelas kepada tim. Ini mencakup memberikan informasi tentang kondisi jalur, rencana harian, serta memotivasi dan memastikan kesejahteraan emosional seluruh tim.

**6. Pengelolaan Logistik:**
Seorang guide gunung juga bertanggung jawab untuk mengelola logistik ekspedisi. Ini melibatkan perencanaan makanan, distribusi peralatan, dan pemantauan persediaan untuk memastikan bahwa semua kebutuhan tim terpenuhi selama perjalanan.

**7. Pendidikan Lingkungan:**
Seorang guide gunung berperan penting dalam memberikan pendidikan lingkungan kepada para pendaki. Mereka harus mendorong praktik pendakian yang bertanggung jawab, termasuk pemrosesan sampah, menjaga kebersihan, dan menjaga kelestarian alam sekitar.

**8. Kepemimpinan dan Motivasi:**
Membangun semangat tim dan memotivasi pendaki, terutama dalam kondisi yang sulit, adalah tugas seorang guide gunung. Kepemimpinan yang baik menciptakan lingkungan positif dan membangun kepercayaan di antara para pendaki.

**9. Penanganan Darurat Medis:**
Guide gunung harus memiliki pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama, serta dapat mengelola situasi darurat medis dengan tenang dan efektif. Ini termasuk penanganan penyakit ketinggian, luka ringan, dan situasi medis lainnya.

Dengan menjalankan tugas dan tanggung jawab ini dengan penuh dedikasi, seorang guide gunung tidak hanya memastikan kesuksesan teknis pendakian tetapi juga menciptakan pengalaman yang mendalam dan berkesan bagi para pendaki. Keberadaan mereka membawa harapan dan keyakinan bagi mereka yang bermimpi menaklukkan puncak-puncak tertinggi di dunia.

 

Porter Pendakian Gunung

Gunung, dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan tantangan petualangannya, menarik banyak orang untuk menjelajahi puncak-puncaknya. Namun, di balik keindahan itu, ada pekerja yang sering kali bekerja di latar belakang, yaitu para porter gunung. Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang memainkan peran kunci dalam mendukung ekspedisi di ketinggian. Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab porter gunung:

**1. Pembawa Beban:**
Sebagai pembawa beban utama, porters bertanggung jawab untuk membawa peralatan dan barang-barang esensial yang diperlukan selama ekspedisi. Ini mencakup tenda, peralatan masak, makanan, dan perlengkapan lainnya. Dalam kondisi medan yang sulit dan ketinggian yang mencapai ribuan meter di atas permukaan laut, tugas ini memerlukan kekuatan fisik, daya tahan, dan ketahanan mental.

**2. Mendirikan dan Membongkar Camp:**
Setibanya di lokasi perkemahan, porters akan membantu mendirikan tenda dan menyusun peralatan perkemahan. Pada pagi hari, mereka juga bertanggung jawab untuk membongkar tenda dan mempersiapkan segala sesuatu untuk perjalanan berikutnya. Keahlian mereka dalam merakit dan membongkar tenda secara efisien sangat penting untuk menjaga kelancaran ekspedisi.

**3. Membantu Peralatan Teknis:**
Di beberapa ekspedisi, terutama yang melibatkan pendakian teknis, porters dapat membantu membawa peralatan khusus seperti tali, paku panjat, dan peralatan pendakian lainnya. Mereka mungkin juga membantu membawa perlengkapan keselamatan seperti tabung oksigen dan peralatan medis yang mungkin dibutuhkan selama perjalanan.

**4. Menjaga Lingkungan:**
Porter gunung juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Mereka harus memastikan bahwa sampah dibuang dengan benar dan tidak merusak ekosistem alam. Pendidikan lingkungan kepada porters menjadi kunci dalam melestarikan keindahan alam di gunung.

**5. Keamanan dan Pertolongan Pertama:**
Porters sering kali dilatih dalam pertolongan pertama dan keamanan gunung. Mereka dapat memberikan bantuan dalam situasi darurat dan memahami tanda-tanda bahaya di ketinggian. Keahlian ini penting untuk keselamatan semua anggota ekspedisi.

**6. Mengelola Logistik:**
Porters sePorters juga bertanggung jawab untuk mengelola logistik selama perjalanan. Ini melibatkan distribusi makanan, pengaturan perlengkapan, dan pemantauan persediaan. Kemampuan organisasi dan koordinasi mereka membantu menjaga agar setiap anggota ekspedisi

Melalui tugas dan tanggung jawab mereka, porter gunung menjadi bagian integral dari pengalaman mendaki gunung. Keberhasilan sebuah ekspedisi seringkali bergantung pada kerja keras, dedikasi, dan kemampuan porters untuk menavigasi tantangan alam yang unik. Menghormati peran mereka dan memberikan apresiasi yang pantas adalah cara untuk menghargai kontribusi mereka dalam menjaga kelestarian dan keamanan di gunung-gunung yang indah.

Berikut tarif Guide dan Porter Gunung se Jawa Tengah

Gunung Andong 1.726 mdpl
Porter Drop, 250rb
Porter Antar, Jemput, 500rb
Porter Inap 600rb
Guide 600rb

Gunung Ungaran 2.050 mdpl
Porter Drop, 300rb
Porter Antar, Jemput, 600rb
Porter Inap 650rb
Guide 750rb

Gunung Bismo 2.365 mdpl
Porter Drop 350rb
Porter Antar, Jemput 600rb
Porter Inap 750rb
Guide 750rb

Gunung Prau 2.565 mdpl / 2.590 mdpl
Porter Drop 350rb
Porter Antar, Jemput 600rb
Porter Inap 750rb
Guide 750rb

Gunung Merapi 2.930 mdpl
Porter Drop 350rb
Porter Antar, Jemput 600rb
Porter Inap 750rb
Guide 900rb

Gunung Merbabu 3.412 mdpl
Porter Drop 400rb
Porter Antar, Jemput 600rb
Porter Inap 750rb
Guide 900rb

Gunung Sindoro 3.153 mdpl
Porter Drop 350rb + Ojek PP
Porter Antar, Jemput 600rb + Ojek PP
Porter Inap 750rb + Ojek PP
Guide 900rb + Ojek PP

Gunung Lawu 3.265 mdpl
Porter Drop 500rb
Porter Antar, Jemput 750rb
Porter Inap 850rb
Guide 900rb

Gunung Sumbing 3.371 mdpl
Porter Drop 350rb + Ojek PP
Porter Antar, Jemput 600rb + Ojek PP
Porter Inap 750rb + Ojek PP
Guide 900rb + Ojek PP

Gunung Slamet 3.428 mdpl
Porter Drop 500rb + Ojek PP
Porter Antar, Jemput 600rb + Ojek PP
Porter Inap 750rb + Ojek PP
Guide 900rb + Ojek PP

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

pulau komodo

Keajaiban Pulau Komodo

5 January 2016 148x Blog, open trip pulau komodo

Mungkin kita sudah sering mendengar berbagai berita tentang Pulau Komodo. Apalagi tahun lalu pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara ini sempat masuk menjadi nominasi 7 Keajaiban Dunia Di sini kita bisa melihat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia. Selain itu, buat kita yang hobi snorkeling, di sini ju... selengkapnya

tempat outbound semarang

Rekomendasi Tempat Outbound di Semarang

Pengantar Definisi Outbound Outbound adalah kegiatan yang dilakukan di luar ruangan dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama tim, keterampilan individu, dan memberikan pengalaman baru yang menyenangkan. Kegiatan ini biasanya melibatkan berbagai permainan dan tantangan yang membutuhkan kekompakan kelompok, strategi, dan komunikasi yang efektif. Relevansi da... selengkapnya

pendakian gunung agung, private trp gunung agung, open trip gunung agung, pendakian gunung agung

Paket Pendakian Gunung Agung

13 June 2023 153x Gunung Agung

Paket Pendakian Gunung Agung via Jalur Edelweis Durasi: 2 hari 1 malam Kesulitan: Menengah Harga: Rp 600.000 Deskripsi: Paket Pendakian Gunung Agung via Jalur Edelweis menawarkan pengalaman pendakian yang menantang dan pemandangan alam yang menakjubkan di puncak Gunung Agung, gunung tertinggi di Bali, Indonesia. Dengan ketinggian mencapai 3.142 meter di atas... selengkapnya

Perusahaan yang telah memakai JASA kami

Testimoni

Ayu Medan

Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah...
5.0
2017-08-23T05:49:55+07:00
Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah berjuang membawa saya sampai puncak. Dan terima kasih juga buat mas deny dan team teman ngetripnya. Next time ketemu lagi yak

Opentrip Karimunjawa

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Abi

5.0
2015-04-08T07:36:21+07:00

Abi

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Trip Bromo

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"

Yoga (jakarta)

4.0
2015-04-08T07:39:06+07:00

Yoga (jakarta)

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"
opentrip bromo

Bromo

temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream

firda habsafitri

5.0
2015-04-10T10:33:41+07:00

firda habsafitri

opentrip bromo
temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream
pendakian kawah ijen indoporcelin

Kawah Ijen

thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)

Dewi

5.0
2015-04-10T10:39:48+07:00

Dewi

pendakian kawah ijen indoporcelin
thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)
4.8
5

Motto Kami

Kami menjunjung tinggi nilai-nilai : Kejujuran, kebersamaan, Kekeluargaan serta Kerjasama team

Base Camp

camp
Informasi paket wisata dan trip
Jln. Mahoni 3 blok D4 No. 8 RT 10 RW 11 Jatisari Lestari, Mijen
Telp / SMS / WA : +6285741936193
Email : [email protected]
Instagram: temanngetrip
Website : www.temanngetrip.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Ada yang bisa Kami bantu? :-)

Kami Online 24/7 Hari Chat sekarang