Hotline 085741936193
Informasi lebih lanjut?
Home » Gunung Prau » Transportasi Menuju Basecamp Gunung Prau: Menyusuri Keindahan Puncak Tertinggi di Jawa Tengah

Gunung Prau, terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, adalah salah satu destinasi pendakian populer di Indonesia. Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan pemandangan matahari terbit yang memukau, Gunung Prau menarik perhatian para pendaki dari berbagai penjuru. Jika Anda berencana untuk mengunjungi Gunung Prau, penting untuk mengetahui berbagai pilihan transportasi menuju basecamp dan estimasi tarifnya. Artikel ini akan memberikan informasi yang lengkap untuk memandu perjalanan Anda ke Gunung Prau.

1. Transportasi Udara Bagi para pendaki yang berada di luar Pulau Jawa atau ingin menghemat waktu perjalanan, transportasi udara adalah opsi yang layak dipertimbangkan. Bandara terdekat dari Gunung Prau adalah Bandara Ahmad Yani di Semarang atau Bandara Adisutjipto di Yogyakarta. Dari kedua bandara tersebut, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi darat.

Bandara Ahmad Yani (Semarang): Setelah tiba di bandara, Anda dapat naik taksi atau menggunakan transportasi online seperti Grab atau Gojek menuju Terminal Terboyo. Dari Terminal Terboyo, Anda dapat mencari bus atau travel yang menuju Wonosobo. Perjalanan dari Semarang ke Wonosobo memakan waktu sekitar 3-4 jam dengan estimasi tarif sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000 per orang.

Bandara Adisutjipto (Yogyakarta): Setelah tiba di bandara, Anda dapat menggunakan taksi atau transportasi online menuju Terminal Jombor. Dari Terminal Jombor, Anda dapat mencari bus atau travel yang menuju Wonosobo. Waktu perjalanan dari Yogyakarta ke Wonosobo adalah sekitar 3-4 jam dengan estimasi tarif sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000 per orang.

2. Transportasi Darat Jika Anda berada di Pulau Jawa, transportasi darat adalah opsi yang paling umum digunakan untuk mencapai basecamp Gunung Prau. Ada beberapa pilihan transportasi darat yang dapat Anda pertimbangkan:

Bus: Dari kota-kota besar seperti Semarang, Yogyakarta, atau Jakarta, Anda dapat mencari bus yang menuju Wonosobo. Perjalanan dengan bus biasanya memakan waktu sekitar 4-5 jam tergantung pada lalu lintas. Estimasi tarif untuk perjalanan dengan bus adalah sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000 per orang.

Travel: Travel adalah opsi transportasi yang lebih nyaman dan cepat. Anda dapat mencari travel yang melayani rute menuju Wonosobo dari berbagai kota seperti Semarang, Yogyakarta, atau Jakarta. Perjalanan dengan travel memakan waktu sekitar 3-4 jam tergantung pada kondisi jalan. Estimasi tarif untuk perjalanan dengan travel adalah sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000 per orang.

3. Transportasi Ojek Set

elah tiba di Wonosobo, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju basecamp Gunung Prau dengan menggunakan transportasi ojek. Basecamp Gunung Prau terletak di Desa Dieng, sekitar 28 km dari pusat Wonosobo. Perjalanan dengan ojek memakan waktu sekitar 1-2 jam, tergantung pada kondisi jalan dan cuaca. Estimasi tarif untuk perjalanan dengan ojek adalah sekitar Rp 150.000 – Rp 200.000 per orang.

4. Pendakian Gunung Prau Setelah tiba di basecamp Gunung Prau, Anda dapat memulai pendakian menuju puncak. Pendakian ke puncak Gunung Prau umumnya membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam, tergantung pada tingkat kebugaran fisik dan cuaca. Di basecamp, Anda juga dapat menyewa porter untuk membantu membawa peralatan pendakian dengan tarif sekitar Rp 150.000 – Rp 200.000 per hari.

Catatan Penting:

Pastikan Anda membawa perlengkapan pendakian yang sesuai dan memadai, serta melakukan pengecekan terkait persyaratan izin pendakian yang berlaku.

Selalu periksa kondisi cuaca dan peringatan resmi sebelum melakukan pendakian.

Hindari littering dan jaga kebersihan selama perjalanan Anda.

Perjalanan menuju Gunung Prau akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Dengan mengetahui berbagai opsi transportasi dan estimasi tarifnya, Anda dapat merencanakan perjalanan yang lancar dan menyenangkan. Nikmati keindahan alam Gunung Prau dan jadikan petualangan ini sebagai pengalaman yang berharga dalam hidup Anda. Selamat mendaki!

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

private trip gunung sumbing, paket pendakian gunung sumbing, porter gunung sumbing, guide gunung sumbing

Private Trip Pendakian Gunung Sumbing

Paket Private Trip Gunung Sumbing 2024: Pengalaman Pendakian yang Lebih Intim Paket Privat Trip Pendakian Gunung Sumbing hadir untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan ekstra bagi para pendaki. Dengan menyediakan guide, porter, peralatan, dan logistik, kami siap memastikan pengalaman pendakian Gunung Sumbing Anda menjadi tak terlupakan. Keindahan Gunung Sum... selengkapnya

opentrip gunung slamet, open trip gunung slamet, private trip gunung slamet, paket pendakian gunung slamett, gunung slamet

Paket Hemat Pendakian Gunung Slamet

25 June 2023 301x gunung slamet

Paket Hemat Pendakian Gunung Slamet Gunung Slamet merupakan salah satu gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa dengan ketinggian mencapai 3428 mdpl. Gunung ini sering disebut sebagai “atap Jawa Tengah” dan menjadi tujuan para pendaki yang ingin menaklukkan puncaknya. Salah satu jalur pendakian yang populer di Gunung Slamet adalah melalui Bambangan p... selengkapnya

arung jeram di batu rafting

Paket Rafting atau Arung Jeram Sungai Progo

7 January 2016 177x Blog, rafting progo murah

Selain terkenal dengan Wisata candi, Magelang juga terkenal dengan wisata arung jeram. Siapapun anda, dapat menjadikan kegiatan arung jeram Magelang ini sebagai pilihan wisata yang aman dan menyenangkan. Tentu dengan berbekal informasi yang cukup dan pemilihan trip yang disesuaikan dengan kemampuan. Terdapat dua sungai yang bisa menjadi alternatif pilihan d... selengkapnya

Perusahaan yang telah memakai JASA kami

Testimoni

Ayu Medan

Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah...
5.0
2017-08-23T05:49:55+07:00
Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah berjuang membawa saya sampai puncak. Dan terima kasih juga buat mas deny dan team teman ngetripnya. Next time ketemu lagi yak

Opentrip Karimunjawa

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Abi

5.0
2015-04-08T07:36:21+07:00

Abi

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Trip Bromo

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"

Yoga (jakarta)

4.0
2015-04-08T07:39:06+07:00

Yoga (jakarta)

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"
opentrip bromo

Bromo

temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream

firda habsafitri

5.0
2015-04-10T10:33:41+07:00

firda habsafitri

opentrip bromo
temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream
pendakian kawah ijen indoporcelin

Kawah Ijen

thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)

Dewi

5.0
2015-04-10T10:39:48+07:00

Dewi

pendakian kawah ijen indoporcelin
thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)
4.8
5

Motto Kami

Kami menjunjung tinggi nilai-nilai : Kejujuran, kebersamaan, Kekeluargaan serta Kerjasama team

Base Camp

camp
Informasi paket wisata dan trip
Jln. Mahoni 3 blok D4 No. 8 RT 10 RW 11 Jatisari Lestari, Mijen
Telp / SMS / WA : +6285741936193
Email : [email protected]
Instagram: temanngetrip
Website : www.temanngetrip.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Ada yang bisa Kami bantu? :-)

Kami Online 24/7 Hari Chat sekarang