Hotline 085741936193
Informasi lebih lanjut?
Home » Gunung Merbabu » Gunung Merbabu via Selo
Rute Pendakian Gunung Merbabu via Selo

Rute Pendakian Gunung Merbabu via Selo

Pengantar

Mendaki Gunung Merbabu via Selo adalah salah satu pengalaman yang tidak boleh dilewatkan bagi para pecinta alam. Jalur ini tidak hanya menawarkan tantangan fisik, tetapi juga pemandangan alam yang luar biasa. Dari pintu masuk pendakian hingga puncak, berbagai macam flora dan fauna menghiasi perjalanan, membuat setiap langkah terasa seperti petualangan di taman surga.

Flora di Jalur Pendakian Selo

Jenis-Jenis Tumbuhan yang Ditemukan

Selama pendakian, Anda akan menemui berbagai jenis tumbuhan yang khas dan menarik. Beberapa di antaranya adalah Bintami, Cemara Gunung, Puspa, Pinus, Pakis, Akasia Decurens, Kesowo, Pampung, Cantigi, dan Edelweiss. Setiap tumbuhan memiliki karakteristik unik yang menambah keindahan alam di sepanjang jalur pendakian.

Spesifikasi Masing-Masing Tumbuhan

  • Bintami: Tumbuhan ini dikenal karena daunnya yang lebat dan hijau, sering dijumpai di daerah dengan ketinggian menengah.
  • Cemara Gunung: Tumbuhan ini memiliki bentuk yang khas dengan daun jarum yang tahan terhadap kondisi ekstrem di ketinggian.
  • Puspa: Dikenal dengan bunganya yang indah, Puspa sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki.
  • Pinus: Tumbuhan ini banyak ditemui di hutan-hutan Indonesia, memberikan aroma khas yang menyegarkan.
  • Pakis: Tanaman ini sering dijumpai di area yang lembap, memberikan nuansa hijau yang menenangkan.
  • Akasia Decurens: Dikenal dengan kayunya yang kuat, Akasia sering dijumpai di sepanjang jalur pendakian.
  • Kesowo: Tumbuhan ini memiliki bunga yang indah dan sering menarik perhatian para pendaki.
  • Pampung: Sering dijumpai di area terbuka, memberikan warna hijau yang menyegarkan mata.
  • Cantigi: Tumbuhan ini memiliki daun berwarna merah yang menambah keindahan alam.
  • Edelweiss: Dikenal sebagai bunga abadi, Edelweiss sering menjadi simbol keabadian cinta dan sering dijumpai di puncak gunung.

Fauna di Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo

Jenis-Jenis Hewan yang Ditemui

Pendakian di jalur Selo juga menawarkan kesempatan untuk bertemu dengan berbagai jenis satwa. Beberapa hewan yang bisa ditemui antara lain Rek-Rekan, Lutung Budeng atau Lutung Hitam, Monyet Ekor Panjang, Ayam Hutan, Elang, dan berbagai jenis burung lainnya.

Spesifikasi Masing-Masing Hewan

  • Rek-Rekan: Burung ini merupakan satwa prioritas di Taman Nasional Gunung Merbabu, dikenal dengan suaranya yang khas.
  • Lutung Budeng: Primata ini memiliki bulu hitam dan sering dijumpai di hutan-hutan lebat.
  • Monyet Ekor Panjang: Hewan ini sering dijumpai di sekitar jalur pendakian dan sering berinteraksi dengan pendaki.
  • Ayam Hutan: Burung ini dikenal dengan bulunya yang indah dan sering terdengar suara kokoknya di pagi hari.
  • Elang: Burung pemangsa ini sering terlihat melayang di udara, menambah kesan megah di jalur pendakian.
  • Jenis Burung Lainnya: Berbagai jenis burung dengan kicauan yang merdu sering dijumpai di sepanjang perjalanan.

Rek-Rekan: Satwa Prioritas Taman Nasional Gunung Merbabu

Deskripsi tentang Rek-Rekan

Rek-Rekan adalah salah satu satwa prioritas yang dilindungi di Taman Nasional Gunung Merbabu. Burung ini memiliki ciri khas dengan bulu yang berwarna-warni dan suara kicauan yang merdu. Rek-Rekan sering dijumpai di area hutan yang lebat dan menjadi simbol keanekaragaman hayati di kawasan ini.

Pentingnya Konservasi Rek-Rekan

Konservasi Rek-Rekan sangat penting untuk menjaga kelestarian alam dan keanekaragaman hayati di Taman Nasional Gunung Merbabu. Satwa ini berperan penting dalam ekosistem sebagai penyebar biji dan penyeimbang populasi serangga.

Rute dan Transportasi Menuju Selo

Rute dari Boyolali ke Selo

Untuk mencapai Selo, pendaki bisa memulai perjalanan dari Boyolali. Rute yang umum digunakan adalah dengan bus kecil jurusan Selo. Namun, bus yang langsung menuju Selo cukup jarang dan biasanya hanya sampai Pasar Cepogo. Dari Pasar Cepogo, pendaki harus berganti bus kecil yang menuju Selo.

Alternatif Transportasi ke Selo

Dari Boyolali, bus kecil jurusan Selo tidak parkir di terminal Boyolali. Pendaki harus berjalan kaki sedikit ke Pasar Sapi di mana bus kecil jurusan Cepogo/Selo berhenti mencari penumpang. Alternatif lain adalah dengan menyewa mobil bak sayuran atau naik ojek. Jalan dari Solo – Boyolali – Selo cukup bagus dengan jalan beton yang menanjak dan rawan jika hujan.

Fasilitas dan Pelayanan di Basecamp Selo

Fasilitas yang Tersedia di Basecamp

Basecamp di Selo dikelola oleh warga lokal dan menawarkan berbagai fasilitas seperti Pos Pemungutan Retribusi PNBP dan tempat penjualan souvenir. Souvenir yang dijual termasuk gantungan kunci, kaos, stiker, dan slayer.

Layanan dan Souvenir

Di basecamp juga tersedia penyewaan alat-alat pendakian dan berbagai jenis makanan seperti soto, mie goreng, mie rebus, nasi rames, serta minuman seperti kopi, teh, dan susu. Souvenir lokal menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pendaki.

Tantangan di Jalur Pendakian Selo

Masalah Sampah di Jalur Pendakian

Seperti banyak jalur pendakian lainnya, masalah sampah menjadi tantangan besar di jalur pendakian Selo. Kesadaran pendaki untuk tidak meninggalkan sampah di gunung masih rendah, sehingga banyak sampah yang ditinggalkan di kawasan ini.

Ketiadaan Sumber Mata Air

Sepanjang jalur pendakian Selo, tidak ada sumber mata air yang bisa dijumpai. Oleh karena itu, para pendaki harus benar-benar memperhitungkan kebutuhan air yang harus dibawa selama kegiatan pendakian.

Tips Mendaki di Jalur Selo

merbabu via selo

merbabu via selo

Persiapan Sebelum Mendaki

Sebelum mendaki, pastikan Anda telah mempersiapkan peralatan yang diperlukan seperti jaket tebal, tenda, sleeping bag, dan makanan serta minuman yang cukup. Persiapan yang matang akan membantu Anda menikmati pendakian dengan lebih nyaman.

Tips Menjaga Lingkungan

Selalu bawa kembali sampah Anda dan jangan tinggalkan apapun selain jejak kaki. Menghormati alam adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kelestariannya.

Pemandangan di Jalur Pendakian Selo

taman nasional gunung merbabu

taman nasional gunung merbabu

Pos 3 Batu Tulis hingga Pos 5 Sabana II

Pemandangan di jalur pendakian Selo sangat memukau, terutama mulai dari Pos 3 Batu Tulis hingga Pos 5 Sabana II. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dari kejauhan dan hamparan sabana yang luas dengan Edelweiss yang menawan.

Keindahan Puncak Triangulasi dan Puncak Kenteng Songo

Satu jam perjalanan dari Pos 5 Sabana II akan membawa Anda ke Puncak Triangulasi dan Puncak Kenteng Songo. Di Puncak Kenteng Songo, terdapat “Lumpang” sebanyak enam buah. Di puncak ini, Anda bisa menikmati pemandangan sunset dan sunrise yang sangat indah.

Pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Lawu

Spot Terbaik untuk Menikmati Pemandangan

Di jalur pendakian Selo, ada beberapa spot terbaik untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Lawu. Salah satunya adalah dari Pos 3 Batu Tulis hingga Pos 4 Sabana I, di mana Anda bisa melihat pemandangan pegunungan yang spektakuler.

Pengalaman Visual yang Ditawarkan

Setiap titik di jalur pendakian Selo menawarkan pengalaman visual yang berbeda dan memukau. Dari hamparan sabana hingga pemandangan gunung yang megah, setiap pendaki pasti akan terpesona oleh keindahan alam yang ditawarkan.

Kesimpulan

Pendakian di jalur Selo Gunung Merbabu menawarkan pengalaman yang luar biasa dengan keanekaragaman flora dan fauna yang kaya. Dari tantangan fisik hingga keindahan alam yang menakjubkan, jalur ini memberikan petualangan yang tak terlupakan. Penting untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam selama pendakian, sehingga keindahan ini bisa dinikmati oleh generasi mendatang.

FAQ

  1. Apa saja tumbuhan yang bisa ditemui di jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo?
    • Tumbuhan yang bisa ditemui antara lain Bintami, Cemara Gunung, Puspa, Pinus, Pakis, Akasia Decurens, Kesowo, Pampung, Cantigi, dan Edelweiss.
  2. Bagaimana cara mencapai jalur pendakian Selo dari Boyolali?
    • Dari Boyolali, pendaki bisa menggunakan bus kecil jurusan Selo. Bus langsung ke Selo agak jarang, jadi biasanya harus berganti bus di Pasar Cepogo.
  3. Apa saja fasilitas yang tersedia di basecamp Selo?
    • Basecamp menyediakan pos pemungutan retribusi, tempat penjualan souvenir, penyewaan alat pendakian, dan berbagai jenis makanan serta minuman.
  4. Apa tantangan utama di jalur pendakian Selo?
    • Tantangan utama adalah masalah sampah dan ketiadaan sumber mata air di sepanjang jalur pendakian.
  5. Apa yang membuat Puncak Kenteng Songo istimewa?
    • Di Puncak Kenteng Songo, terdapat “Lumpang” sebanyak enam buah, dan puncak ini menawarkan pemandangan sunset dan sunrise yang sangat indah.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Paket Wisata di Bali 2023

Paket Wisata di Bali 2023

18 June 2023 160x wisata bali

Jika kalian sedang mencari referensi itinerary wisata di Bali, berikut adalah contoh paket wisata di Bali yang sering dikunjungi wisatawan: Paket Wisata 4 Hari 3 Malam di Bali: Hari Pertama: – Penjemputan di Bandara Ngurah Rai – Mengunjungi Pura Tanah Lot – Menikmati Sunset di Pantai Batu Bolong – Check-in di hotel Hari Kedua: –... selengkapnya

foto bareng hiu di karimunjawa

Berenang Bareng Hiu di Karimujawa

8 April 2015 243x trip Karimun jawa

Ikan Hiu ini bukan termasuk yang ganas, jadi tidak jadi masalah kalau kita renang diantara banyak Hiu yang berlalu-lalang. Untuk menikmati wisata sedikit ekstrim ini kalian akan dikenakan biaya karena sudah memilih Paket Wisata karimunjawa tentunya Taman Nasional Karimunjawa sendiri merupakan Kawasan Pelestarian Alam dengan tingkat keanekaragaman hayati ting... selengkapnya

paket pendakian gunung prau, open trip gunung prau, private trip gunung prau, gunung prau

Open Trip / Private Trip Gunung Prau

10 July 2023 338x open trip gunung prau

Setiap minggu, Open Trip Gunung Prau Dieng diadakan dengan harga terjangkau bagi para backpacker. Sebelum memesan Open Trip Gunung Prau Dieng, pastikan Anda membaca dengan seksama informasi tentang apa yang termasuk, apa yang tidak termasuk, serta itinerarinya. Jika Anda telah menentukan tanggal keberangkatan dan jumlah peserta, segera lakukan pemesanan. BIA... selengkapnya

Perusahaan yang telah memakai JASA kami

Testimoni

Ayu Medan

Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah...
5.0
2017-08-23T05:49:55+07:00
Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah berjuang membawa saya sampai puncak. Dan terima kasih juga buat mas deny dan team teman ngetripnya. Next time ketemu lagi yak

Opentrip Karimunjawa

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Abi

5.0
2015-04-08T07:36:21+07:00

Abi

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Trip Bromo

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"

Yoga (jakarta)

4.0
2015-04-08T07:39:06+07:00

Yoga (jakarta)

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"
opentrip bromo

Bromo

temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream

firda habsafitri

5.0
2015-04-10T10:33:41+07:00

firda habsafitri

opentrip bromo
temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream
pendakian kawah ijen indoporcelin

Kawah Ijen

thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)

Dewi

5.0
2015-04-10T10:39:48+07:00

Dewi

pendakian kawah ijen indoporcelin
thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)
4.8
5

Motto Kami

Kami menjunjung tinggi nilai-nilai : Kejujuran, kebersamaan, Kekeluargaan serta Kerjasama team

Base Camp

camp
Informasi paket wisata dan trip
Jln. Mahoni 3 blok D4 No. 8 RT 10 RW 11 Jatisari Lestari, Mijen
Telp / SMS / WA : +6285741936193
Email : [email protected]
Instagram: temanngetrip
Website : www.temanngetrip.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Ada yang bisa Kami bantu? :-)

Kami Online 24/7 Hari Chat sekarang