Hotline 085741936193
Informasi lebih lanjut?
Home » Pendakian Gunung Semeru » Per 1 Desember, Jalur Pendakian ke Gunung Semeru Dibuka Lagi

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akan membuka kembali jalur pendakian Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut pada 1 Desember ini. Pembukaan ini pertama kalinya setelah kebakaran yang melanda jalur pendakian itu.

“Jalur pendakian Semeru akan dibuka selama satu bulan yakni 1 Desember hingga 4 Januari 2016,” kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Ayu Dewi Utari saat dihubungi Antara dari Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (28/11/2015).

Menurutnya, petugas sudah membersihkan jalur pendakian Gunung Semeru sambil memperbaiki dan mengecek kondisi di lapangan setelah kebakaran yang menghanguskan 440 hektare kawasan setempat pada Oktober lalu.

“Setelah dilakukan pembersihan jalur dan pengecekan sejumlah rambu, maka jalur pendakian Semeru dinyatakan aman untuk dikunjungi para pendaki,” katanya.

Selama jalur pendakian dibuka, lanjut dia, petugas akan berjaga di jalur pos 3 Waturejeng terutama di titik longsor yang disebabkan kebakaran beberapa waktu lalu.

“Pendaki diimbau berhati-hati pada jalur Pos 3 karena kondisi jalur yang rawan longsor dan petugas membuat jalur pendakian yang berbeda dari jalur sebelumnya di Waturejeng,” tuturnya.

Ia menegaskan batas pendakian gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut hanya di Kalimati, sehingga para pendaki tidak boleh menerobos dan nekat ke puncak Semeru (Mahameru) karena berbahaya.

“Pendaki juga harus menyiapkan perlengkapan pendakian yang memadai mengingat hujan sudah turun merata di lereng Gunung Semeru dan suhu udara di sana 5-15 derajat celcius,” paparnya.

Ayu mengatakan jalur pendakian Semeru dibuka hanya sebulan karena pihak TNBTS akan menutup kembali pada 5 Januari 2016 untuk pemulihan ekosistem kawasan gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang-Malang tersebut.

Jalur pendakian Gunung Semeru sempat ditutup sementara sejak 22 Oktober karena kebakaran di Pos 3 Waturejeng yang disebabkan kelalaian pendaki yang tidak memadamkan api dengan sempurna usai membuat api unggun.
UWA

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Booking Online Pendakian Semeru 2019

Booking online dapat dilakukan selama 24 jam, cermati tata cara dan aturan sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan Hai, Sahabat Mentari Tengger… Sebelum peresmian pembukaan pendakian Gn. Semeru, mimin mau ngasih info dulu nih untuk dibaca-baca dan dicermati oleh kalian yang mau dan akan melakukan pendakian. Yaitu, alur pendaftaran booking online. ... selengkapnya

Ijen Crater: Everything You Need to Know

Ijen Crater: Everything You Need to Know

18 June 2023 135x ijen crater

Ijen Crater: Everything You Need to Know Table of contents • Introduction • Getting to Ijen Crater • Accommodation Options • Ijen Crater Hike • Ijen Crater Blue Fire • Ijen Crater Lake • Conclusion Introduction Zongnan Bao / Unsplash Welcome to Ijen Crater – a natural wonder located in East Java, Indonesia. Standing at... selengkapnya

menu makasiang rinjani

opentrip pendakian gunung rinjani

Berdiri tegak menjulang hingga ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut, menjadikan Gunung Rinjani sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatra. Terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Gunung Rinjani dengan gagahnya mengundang pecinta alam untuk menikmati alam beserta keindahannya dari kaki gunung hingga ke... selengkapnya

Perusahaan yang telah memakai JASA kami

Testimoni

Ayu Medan

Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah...
5.0
2017-08-23T05:49:55+07:00
Terima kasih banyak saya ucapkan utk teman2 semua .teamnya baik dan solid .Terutama buat mas anas yg sudah bersusah payah berjuang membawa saya sampai puncak. Dan terima kasih juga buat mas deny dan team teman ngetripnya. Next time ketemu lagi yak

Opentrip Karimunjawa

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Abi

5.0
2015-04-08T07:36:21+07:00

Abi

teman ngetrip recommended banget pokoknya

Trip Bromo

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"

Yoga (jakarta)

4.0
2015-04-08T07:39:06+07:00

Yoga (jakarta)

"Bromo indah banget! Makasih for the temangngetrip, Ga salah gua ngetrip bareng :)"
opentrip bromo

Bromo

temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream

firda habsafitri

5.0
2015-04-10T10:33:41+07:00

firda habsafitri

opentrip bromo
temanngetrip kalian awesome udah bikin holidayku antri mainstream
pendakian kawah ijen indoporcelin

Kawah Ijen

thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)

Dewi

5.0
2015-04-10T10:39:48+07:00

Dewi

pendakian kawah ijen indoporcelin
thanks for temanngetrip, yaou give me an amazing adventure and crayz friends ever (PT. Indo Porcelin Jakarta)
4.8
5

Motto Kami

Kami menjunjung tinggi nilai-nilai : Kejujuran, kebersamaan, Kekeluargaan serta Kerjasama team

Base Camp

camp
Informasi paket wisata dan trip
Jln. Mahoni 3 blok D4 No. 8 RT 10 RW 11 Jatisari Lestari, Mijen
Telp / SMS / WA : +6285741936193
Email : [email protected]
Instagram: temanngetrip
Website : www.temanngetrip.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

Ada yang bisa Kami bantu? :-)

Kami Online 24/7 Hari Chat sekarang